Portal Online Kebanggaan Masyarakat Kuansing

Kabut Asap Hilang, Barulah Anggota DPR RI Berdatangan ke Riau -

Selasa,02 Juli 2013 | 07:52:00   Dibaca: 1184 kali
Kabut Asap Hilang, Barulah Anggota DPR RI Berdatangan ke Riau -
Ket Foto : Ilustrasi. ( ktc )
PEKANBARU - Tujuh anggota Komisi VII DPR RI, Selasa (2/7/2013) berkunjung ke Riau. Kedatangan para wakil rakyat yang duduk di Senayan ini untuk melihat secara langsung penanganan kabut asap oleh Satuan Tugas (Satgas) penanggulangan bencana nasional. Namun sayang, kedatangan anggota legislatif yang dimpimpin Sutan Sukarnotomo ini dilakukan setelah kabut asap hilang.

Setiba di Pekanbaru, Tujuh anggota komisi VII DPR RI ini disambut langsung jajaran Pemerintah Provinsi Riau yang dipimpin langsung Wakil Gubernur Riau, HR Mambang Mit dan Sekdaprov Riau Zaini Ismail dan sejumlah pejabat terkait. Mereka langsung melakukan rapat tertutup membahas kabut asap.

Sutan Sukarnotomo selaku ketua rombongan  Komisi VII usai pertemuan menyatakan, bahwa mereka telah mendapat laporan dari tim satgas mengenai penanganan. "Kita tadi sudah mendapat laporan tentang penanggulangan kebakaran hutan dan lahan dari tim satgas, dan hasilnya kebakaran hutan serta kabut asap sudah mulai hilang," ujarnya.

Dalam pertemuan tadi katanya, Tim Satgas khususnya Pemerintah Provinsi Riau meminta dianggarkan pembelian pesawat pengangkut bom air yang nantinya disiagakan di Pekanbaru. "Kita tadi sudah menanyakan kepada tim satgas, apa saja yang perlu dibantu oleh pusat untuk mengantisipasi Karhutla yang terjadi tiap tahun ini, " tukasnya.

Pernyataan Sutan Sukarnotomo ini tentu memancing pertanyaan sejumlah wartawan, mengingat  sejak dua tahun lalu Pemerintah Provinsi Riau, telah mengajukan bantuan pembelian helikopter untuk disiagakan memantau titik api di Riau, namun sampai saat ini tidak ada realisasinya.

"Tidak ada usulan yang masuk ke kami. Inilah kami kesini untuk menanyakan apa saja yang dibutuhkan," kilahnya.

Tidak hanya itu, kedatangan anggota Komisi VII ini juga terkesan mubazir, karena mereka tidak turun kelapangan melihat kondisi kebakaran hutan dan lahan serta masyarakat yang menjadi korban akibat bencana kabut asap yang terjadi di sejumlah daerah, seperti Dumai, Bengkalis dan Rohil.

Padahal, bencana asap terparah terjadi di tiga Kabupaten/Kota ini. Tidak hanya luas lahan yang terbakar, korban kebakaran hutan lahan ini juga banyak dialami masyarakat ditiga daerah ini.

Usai rapat, para wakil rakyat ini langsung dijamu makan siang di salah satu retoran ternama di Pekanbaru. Setelah itu, rombongan langsung meninjau lahan yang terbakar dipinggiran Kota Pekanbaru, dan sore ini sekitar pukul 16.30 rombongan anggota DPR RI ini kembali bertolak ke Jakarta.

"Sore ini mereka (anggota DPR) itu kembali ke Jakarta, cuma tadi usai makan siang mereka meninjau kebakaran lahan di dekat perbatasan Pekanbaru-Kampar didekat Hotel Labersa," ujar Kepala Biro Humas Setdaprov Riau, Noverius.

Menurut Noverius, selain anggota Komisi VII, besok giliran anggota Komisi VIII DPR RI mengunjungi Riau. "Dari agenda yang saya dapat, besok komisi VIII datang ke Riau, agenda pembahasan soal bencana secara umum," ujarnya. ( hrc/ktc )

Baca Berita Lainnya
Tulis Komentar
comments powered by Disqus
.