Sejumlah Jalur Unggulan Harus Pulang Kandang Lebih Awal

Sejumlah Jalur Unggulan Harus Pulang Kandang Lebih Awal
Dua jalur sedang berpacu di Tepian Datuak Simambang Rajo Nan Putiah. ( ktc )


SENTAJO RAYA  - Sejumlah jalur unggulan harus pulang kandang lebih awal dihari pertama pacu kecamatan rayon IV di tepian Datuak Simambang Rajo Nan Putiah, Desa Pulau Komang, Kecamatan Sentajo Raya, Senin ( 1/7 ) siang mereka memang harus bertemu dengan jalur-jalur tangguh lainnya.


Jalur unggulan yang harus gulung kajang dihari pertama ini antara lain semifinalis pacu jalur even nasional tahun 2012 lalu, Pangeran Fortuna Raja Ponsel dari Desa Pulau Rumput. Salah satu jalur andalan dari kecamatan Gunung Toar ini harus tunduk pada haluan Jalur Keramat Jubah Merah dari Desa Muaro Sentajo, Kecamatan Sentajo Raya.

Begitu juga dengan finalis pacu jalur rayon III di Pangean, Jalur Toduang Kuantan dari Desa Tanah Bekali Pangean berhasil dikalahkan jalur unggulan lainnya Batu Lompatan Harimau Kompe dari Desa Kinali Kecamatan Kuantan Mudik.

Selanjutnya semifinalis pacu jalur nasional 2012 juga bernasib sama. Jalur asal Desa Petapahan Kecamatan Gunung Toar. Jalur ini harus mengakui ketangguhan jalur Toduang Bakotat Bunga Kirana dari Desa Pauh Angit Pangean.

Nasib yang sama dialami jalur unggulan tuan rumagh Keramat Sati Alam Bagontar dari Desa Pulau Komang Sentajo Raya. Jalur ini tak dapat melaju kehari kedua setelah ditumbangkan mantan sang jawara kecamatan, yakni Jalur Rajo Bujang Gempa Kirana dari Desa Padang Tanggung-Pasarbaru Pangean.

Nasib yang sama juga dialami jalur unggulan dari kecamatan Benai.  Jalur Rawang Udang dari desa Talontam tumbang di haluan jalur Lilitan Akar Bunga Merah dari Pulau Kopung Sentajo Raya.

Dari 90 jalur yang berpartisipasi pada pacu jalur rayon IV ini, sebanyak 46 jalur melaju ke hari kedua, Selasa esok. Sebelumnya, sesuai aduan, hari kedua akan diikuti sebanyak 45 jalur. Namun karena adanya gangguan saat hilir yang mempertemukan Jalur Selendang Putiah dari Pulau Deras Pangean dengan Jalur Ngiang Kuantan Cahayo Nagori dari Kampung Baru Toar. Setelah bermusyawarah dengan perwakilan jalur, dewan hakim memutuskan keduanya menang, dengan syarat kembali berlawanan pada hari kedua ini.

Kendati sejumlah jalur unggulan sudah bertumbangan, namun masih menyisakan sejumlah jalur unggulan lainnya, antara lain, sang jawara pacu jalur rayon I, yakni Jalur Ombak Nyalo Simutu Olang, sang jawara pacu jalur rayon II, Jalur Meriam Onggang Parau dan sang jawara pacu jalur rayon III, yakni Jalur Siposan Rimbo RAPP. Sementara itu, sang juara bertahan pacu jalur nasional tahun 2012 lalu, yakni Jalur Linggar Jati J-A RAPP juga belum terhadang. ( isa )

Berita Lainnya

Index