Terlihat Kota Pekanbaru mulai bersih dari asap. ( halloriau.com/ktc )

Penanggulangan Bencana Asap Habiskan Rp57,7 Miliar

Senin,01 Juli 2013 - 05:42:00 WIB
Share Tweet Google + Cetak

PEKANBARU - Kebakaran hutan dan lahan yang berimplikasi terhadap terjadinya bencana kabut asap tidak saja menimbulkan kerugian bagi kesehatan dan materi masyarakat, tetapi penanggulangannya juga memakan biaya yang tidak sedikit. Pasalnya, penanggulangan kabut asap sudah menelan biaya sekitar Rp57,7 Miliar.

Demikian disampaikan juru bicara Badan Nasional Penanggulangam Bencana (BNPB) Dr Agus Wibowo kepada halloriau.com, Senin (1/7/2013) di Posko Satgas Penanggulangan Bencana Asap  Provinsi Riau, Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru. "Hingga hari ini dana yang sudah dikeluarkan kurang lebih Rp57,7 miliar," sebutnya.

Anggaran sebesar itu katanya, dipergunakan untuk keperluan penangan kabut asap diseluruh wilayah yang ada di Riau, termasuk modifikasi cuaca hujan buatan, yang melibatkan ribuan anggota TNI/Polri,  biaya penggunaan helikopter, pesawat, personil BPBD dan hal lainnya.

"Angka tersebut digunakan dari berbagai keperluan yang poskan ke TNI baik darat, udara dan laut, kemudian hujan buatan, kemudian hal lainya lagi. Termasuk juga helikopter yang kita gunakan," jelasnya.

Seperti diketahui, Pemerintah telah menyediakan sekitar Rp70 miliar untuk menanggulangi bencana Karhutla tersebut. Dari usaha yang telah dilakukan tersebut sudah menunjukan berbagai perkembangan. Misalnya saja kabut asap yang menyelimuti Kota Pekanbaru dan sejumlah Kabupaten Kota lainnya sudah nampak mengalami perubahan dengan adanya hujan buatan yang terjadi. ( hrc/ktc )


Ikuti Kuansing Terkini Melalui Media Sosial


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT