90 Jalur Berpacu di Rayon IV , Sejumlah Jalur Unggulan Bertemu Dihari Pertama

90 Jalur Berpacu di Rayon IV , Sejumlah Jalur Unggulan Bertemu Dihari Pertama
Ribuan warga tampak memadai arena Tepian Datuk Simambang Rajo Nan Putiah, Minggu sore. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Senin ( 1/7 ) besok, 90 jalur mulai berpacu pada ajang pacu jalur kecamatan rayon IV di Tepian Datuak Simamban Rajo Nan Putiah desa Pulau Komang Sentajo Raya. Sejumlah jalur unggulan pun harus bertemu di hari pertama, dan akan pulang kandang terlebih dahulu.

Camat Sentajo Raya, Andika Putra, S.Ip, Minggu ( 30/6 ) kemaren mengaku fihaknya bersama Panpel sudah siap melaksanakan pacu jalur rayon IV. Menurutnya pada Minggu siang dilakukan tecnical metting antara Panpel dengan seluruh perwakilan jalur. Dalam technical meeting ini Panpel kembali mengingatkan tata tertib selama pelaksanaan pacu jalur dan hal-hal lain yang harus dipatuhi peserta pacu selama kegiatan dilaksanakan.
Selain itu ujarnya, hari Minggu panitia juga sudah melaksanakan pencabutan undian untuk menentukan lawan masing-masing jalur. Pencabutan undian juga disiarkan melalui RPD Kuansing sehingga masyarakat luas dapat langsung mengetahi lawan jalurnya. Sesuai jumlah jalur sebanyak 90 buah, maka pada hari pertama akan ada 45 kali pacu.
Andika Putra juga mengajak seluruh warga untuk menyaksikan pacu jalur tersebut. Disamping itu Andika juga mengajak warga dan peserta pacu jalur untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban hingga kegiatan tersebut berakhir.
Sebab ujarnya pacu jalur merupakan tradisi masyarakat Kuansing yang kental dengan nilai-nilai persahabatan dan persatuan. Selain tentunya untuk hiburan bagi seluruh warga Kuansing.
Sementara itu dari 90 jalur yabg akan berlaga dihari pertama, sejunlah jalur unggulan tampaknya harus berhadapan lebih awal. Pertemuan antara jalur-jalur unggulan ini akan menjadi perhatian menarik dari para penonton yang hadir.
Jalur+jalur unggulan yang bertemu pada hari pertama antara lain  Soriak Sarumpun Tulang Batutu melawan Buayo Danau, Kalokengking Tigo Jumbalang melawan Penetuan Batang Kuantan, Toduang Kuantan melawan Batu Lompatan Harimau Kompe, Pangeran Fortuna melawa Keramat Jubah Merah, Bintang Emas Cahaya Intan melawan Panglimo Olang Putiah, Toduang Bakotat melawan Lintah Jalang, Bintang Muda Cahayo Nagori melawa Singa Kuantan dan Power Agung melawan Delima Indah Permata Kuantan.

Macet dan Berdesak-desakan

Sementara sehari menjelang pacu jalur, Minggu sore ribuan warga dari berbagai desa tampak mendatangi arena Tepian Datuk Simambang Rajo Nan Putiah. Mereka tampaknyai ingin mengetahui arena yang baru pertama kali menjadi lokasi pacu jalur tersebut. Disamping ingin menyaksikan jalur-jalur yang sedang melakukan latihan untuk menyesuaikan dengan kondisi arena dan menjaga kebugaran fisik.

Selain itu, ratusan kedai-kedai dan tempat menonton juga sudah berdiri di arena pacu ini. Hal ini menambah semarak perpacuan rayon IV yang akan segera digelar, Ratusan kedai tersebut tidak hanya dikawasan Pulau Komang namun dikawasan Desa Munsalo dan desa Kopah kenegerian Kopah.

Tidak hanya itu, warga juga tampak sibuk membuat areal parkir sebagai ladang mengais rezeki. Mereka telah memagari lahan-lahan mereka sebagai lokasi parkir. Arena baru ini semakin semarak dengan berdirinya sejumlah tenda-tenda pengurus jalur yang sedang menunggu jalur. ( isa )

Berita Lainnya

Index