Portal Online Kebanggaan Masyarakat Kuansing

Bertabur Hadiah, Sentajo Raya Siap Gelar Pacu Jalur Rayon IV

Sabtu,28 Juni 2013 | 07:21:00   Dibaca: 3160 kali
Bertabur Hadiah, Sentajo Raya  Siap Gelar Pacu Jalur Rayon IV
Ket Foto : Pacu jalur. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Kecamatan Sentajo Raya siap menggelar pacu jalur kecamatan rayon III 1  hingga 3 Juli mendatang. Pacu jalur rayon terakhir yang akan dilaksanakan pada tahun 2013 ini diprediksi dihadiri banyak jalur, pasalnya panitia pelaksana menyediakan hadiah yang cukup besar bagi para pemenang 1 sampai dengan 10.
" Persiapan sudah mencapai 95 persen, saat ini Kita fokus untuk acara pembukaan, sementara pembenahan sarana dan prasarana pendukung juga telah maksimal,"ujar Camat Sentajo Raya, Andi Putra, S.Sos, Jumat ( 28/6 ) sore .
Pembenahan sarana insfrastruktur ujarnya terpaksa dilakukan karena arena pacu jalur yang akan dilaksanakan baru pertama kali dipergunakan. Pembenahan dilakukan mulai dari akse jalan menuju arena, lintasan jalur, arena parkir dan tempat bagi penonton dan pedagang.
Untuk jalan masuk diperbaiki mulai dari desa Pulau Komang sampai ke desa Koto Sentajo, sehingga dari daerah mudik dan hilir penonton mudah mencapainya.
Untuk arena lintasan ujarnya terpaksa dilakukan pengerahan alat berat untuk mengeruk sejuah areal sungai Kuantan dilokasi yang masih dangkal, setidaknya ada 200 meter yang dilakukan pengerukan terutama dilokasi pancang kedua.
Kawasan pancang kedua dan kehilirnya memang agak dangkal, selama ini jika musim kemarau selalu muncul pulau atau gundukan pasir, daerah yang dangkal inilah yang terus digali agar maksimal sebagai arena pacu jalur.
Disamping dikawasan desa Pulau Komang ujarnya, pembenahan bagi penonton juga dilakukan di kawasan desa Munsalo Kopah Kkecamatan Kuantan Tengah yang saling berhadapan dengan desa Pulau Komang. Dikawasan tersebut juga dilakukan pembukaan jalan baru di tebing Kuantan sehingga penonton dari kawasan seberang dan Kopah leluasa menonton dan membawa kenderaan.
" Selama ini tidak ada jalan jadi sekarang dibuat, ini juga dampak positif dari pelaksanaan pacu jalur di rayon III ini,"ujarnya.
Mengenai jalur yang sudah memndaftar hingga Jumat pagi sudah lebih dari 10 jalur, diperkirakan akan semakin banyak menjelang tecnhical meeting dilaksanakan sehari sebelum pacu jalur dilaksanakan.
" Tadi pagi sudah lebih 10 jalur yang mendaftar, sampai sore tentu semakin banyak apalagi pacu jalur rayon III sudah selesai,"ujarnya.
Bertabur Hadiah
Sementara itu dari daftar hadiah yang diinformasikan panitia kepada para pengurus jalur, pacu jalur di kampung halaman Bupati Sukarmis ini tampaknya bertabur hadiah. Untuk hadiah I berupa sepasang kerbau ditambah piala bergilir dan tonggol juara. Hadiah ke II satu pasang sapi, hadiah ke III satu ekor sapi plu s piala, hadiah ke IV satu ekor sapi. Hadiah ke V uang pembinaan Rp. 2.5 juta, hadiah ke VI. Uang pembinaan Rp 2 juta, hadiah ke VII sampai dengab X uang pembinaan Rp 1.5 juta. Yang tak kalah menarik pemanang 1 sampai dengan 10 mendapat hadiah tambahan masing-masing 1 ekor sapi. ( isa )


Baca Berita Lainnya
Tulis Komentar
comments powered by Disqus
.