Asap Yang Mulai Landa Kuansing Langsung Diguyur Hujan

Asap Yang Mulai Landa Kuansing Langsung Diguyur Hujan
Kabut asap tampak mulai datang menyelimuti kompleks Pemda Kuansing pagi hari. ( ktc )

TELUK KUANTAN -Warga Kuansing cukup beruntung terkait pengaruh asap akibat kebakaran lahan dan hutan. Asap yang sempat datang cukup pekat pada Rabu ( 26/6 ) pagi hingga siang, namun langsung diguyur hujan sekitar pukul 3 sore. Warga yang tadi cemas akibat asap, cuaca gerah cukup terbantu dengan turun nya hujan, karena suhu udara menjadi lebih lembab dari sebelumnya yang bikin gerah termasuk pada malam hari.
Dari pantauan kabut mulai tampak sekitar pukul 9 pagi hingga pukul 3 sore. Namun untungnya pada pukul 3 sore, turun hujan. Walaupun tidak lebat, namun hujan mampu mendorong kabut asap sehingga tidak bertambah tebal, apalagi hujan masih terjadi hingga menjelang Maghrib.
Selain itu suasana beberapa hari yang sempat gerah akibat terik matahari dan cuaca panas dapat diredam oleh turunnya hujan. Hal ini disyukuri oleh warga Kuansing khususnya yang tinggal di Teluk Kuantan.
" Alhamdulillah hhujan turun walkau sedikit. Bisa kurangi kabut asap dan cuaca panas beberapa hari in,"ujarnya.
Walaupun kabut asap sempat tiba, namun tak menganggu kegiatan masyarakat. Masyarakat tampaknya masih terlihat sibuk beraktifitas sesuai dengan bidang kerja masing-masing.
Sementara itu Kepala Badan Lingkungan Hidup Promosi dan Investasi ( BLHPI )  Kuansing, Ir Indra Suandy, MT melalui Sekretaris BLHPI Drs Fahrizal Syafda menyatakan, hasil pantauan satelit NOAA di Kuansing terdapat titik api atau hot spot yang menandakan adanya aktifitas pembakaran lahan.
Pada tanggal 24 Juni ujarnya, ditemukan ada 12 titik hot spot masing-masing 1 titik di desa Sungai Kuning dan Pangkalan Indarung kecamatan Singingi, desa Sikaka kecamatan Cerenti, desa Kasang kecamatan Kuantan Mudik, desa Muara Petai, desa Pangkalan. 2 titik di desa Ibul dan 3 titik di desa Sungai Besar kecamatan Pucuk Rantau.

Kemudian pada tanggal 25 Juni ditemukan 8 titik hot spot masing-masing 2 di desa Kuantan Sako Kecamatan Logas Tanah Darat, 2 di desa Pangkalan Indarung Kecamatan Singingni, 2 di desa Pulau Sipan Kecamatan Inuman dan 1 di desa Pantai dan 1 di desa Sungai Besar Kecamatan Pucuk Rantau. 
Mengenai sumber asap, Fahrizal belum dapat memastikan apakah asap kiriman atau asap dari hasil titik hot spot yang juga ditemukan di Kuansing. " Bisa jadi pengaruh keduanya, yakni asap kiriman ditambah dengan asap dari hot spot yang ada di Kuansing,"ujarnya.( isa )

Berita Lainnya

Index