36 Jalur Gulung Kajang, Jalur-Jalur Unggulan Melenggang Mulus

36 Jalur Gulung Kajang, Jalur-Jalur Unggulan Melenggang Mulus
Bupati H Sukarmis saat menyerahkan piala bergilir kepada Camat Pangean, Novrion, S.Sos. ( ktc )


PANGEAN - 36 jalur harus gulung kajang alias pulang kandang hari pertama setelah dikalahkan lawan-lawan mereka terasuk semua jalur dari kecamatan Logas Tanah Darat, otomatis kecamatan yang dipimpin Muradi tersebut tak lagi memiliki wakil jalur untuk hari kedua.

Sementara jalur-jalur unggulan tak menemui perlawanan berarti dan melenggang mulus ke hari kedua besok di ajang pacu jalur kecamatan Rayon III hari pertama di Tepian Rajo Pangean, Selasa (25/6) siang hingga sore. Dari pacu hari pertama ini, jalur-jalur unggulan memang belum ada yang bertemu lebih awal untuk beradu tuah. Mereka bertemu lawan-lawan yang tak terlalu diunggulkan selama ini.

Jalur-jalur jalur unggulan yang melaju ke hari kedua besok masing-masing Ular Putiah Linggo Biso dari Desa Pulau Kulur Kecamatan Kuantan Hilir Seberang, Montiko Limbek Putiah dari Pulau Godang Kari Kecamatan Kuantan Tengah, Toduang Bakotat Bunga Kirana dari Desa Pauh Angit Pangean, Juragan Kuantan dari Desa Seberang Gunung Kecamatan Gunung Toar dan Meriam Onggang Parau dari Desa Kepala Pulau Kuantan Hilir.

Berikutnya sang jawara nasional tahun 2012 lalu, yakni Jalur Linggar Jati J-A RAPP dari Desa Pulau Kumpai Pangean, disusul mantan juara nasional tahun 2007 Tuah Inayan Mandulang Untuang dari Desa Pulau Aro Kecamatan Kuantan Tengah, dan mantan juara even nasional tahun 2011, yakni Jalur Sembilan Langka Putri Samudra dari Banjar Benai.

Seterusnya, jalur unggulan lainnya yang belum terhadang pada hari pertama kemari adalah Jalur Sembaran Olang Pulai dari Desa Rawang Binjai Pangean, Rentak Serambi Arung Samudra dari Pulau Sipan Inuman, dan disusul jalur Keramat Sati Alam Bagontar dari Desa Pulau Komang Sentajo Raya.

Kemudian Jalur Pendekar Panjang Bukik Siguntur dari Pisang Berebus juga belum terhadang, disusul jalur Ngiang Kuantan Cahaya Nagori dari Desa Kampung Baru Toar dan Linta Jalang dari Desa Petapahan. Jalur unggulan lainnya yang belum terhadang adalah jalur unggulan lainnya dari Pangean, yakni jalur Siposan Rimbo RAPP dari Desa Pauh Angit Pangean dan Ombak Nyalo Simutu Olang dari Desa Pulau Tengah Pangean.


Namun pada pacu jalur hari kedua besok, diprediksi sejumlah jalur unggulan akan bertemu baik pada putara pertama maupun putaran kedua. Selain itu, pacu jalur hari kedua tak kalah menarik, karena mereka akan berusaha agar dapat lolos bertarung hingga bisa eksis sampai hari ketiga atau babak final.

Sementara itu Camat Pangean Novrion SSos, bersyukur pacu jalur hari pertama berlangsung aman, sukses dan lancar. Namun diakuinya masih banyak kekurangan pelaksanaan yang harus dibenahinya pada hari kedua ini. "Alhamdulillah, semoga hari kedua tetap lancar dan aman," harapnya.(isa )

Berita Lainnya

Index