Polres Tangkap 2 Penimbun BBM di dekat SPBU Kebun Nenas

Polres Tangkap 2 Penimbun BBM di dekat SPBU Kebun Nenas
Pedagang eceran sedang membawa BBM, ada yang mendapat rekomendasi ada yang tidak. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Polres Kuansing menangkap 2 orang pedagang yang disinyalir melakukan penimbunan bahan bakar minyak ( BBM ) terutama untuk mengais keuntungan menjelang pemerintah mengumumkan kenaikan harga BBM. Kedua pelaku saat ini sudah diamankan di Polres Kuansing untuk mempertanggungjawabkan perbuatan nya.

" Sudah ada 2 orang pembeli BBM yang tidak syah yang Kita tangkap, hendaknya ini menjadi pelajaran bagi mereka, jika tidak berhenti maka Polisi bakal bertindak tegas tanpa pandang bulu,"ujar Kapolres Kuansing, AKBP Wendry Purbyantoro, Rabu ( 19/6 ) kemaren.
Menurut Kapolres,m Kedua pedagang yang dibekuk tersebut ujarnya, usai membeli BBM di SPBU Kebun Nenas desa Jake. Yang bersangkutan sempat menyembunyikannya di dalam semak-semak disekitar SPBU, namun diketahui oleh Polisi.
" Barang bukti berupa jeringan berisi BBM dan tersangka sudah diamankan di Polres,"ujarnya.
Terkait upaya Polres dalam memantau penyaluran BBM ujarnya, saat ini Polri sedang melakukan menggelar operasi Dian. Karena itu petugas Polisi ditugasi memantau penyaluran BBM di SPBU baik secara terbuka maupun secara tertutup.
" Kalau ada yang melanggar langsung Kita tindak,"ujarnya.
Sementara menyangkut pedagang eceran ujarnya, merupakan wewenang dari Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan ( Kopindag ) Kuansing. Bahkan dirinya sudah meminta Kadis Kopindag untuk bertemu dengan berbagai fihak mengantisipasi permasalahan pedagang eceran tersebut.
" Contohnya pemilik kartu kendali ditata ulang soal jadwal pembelian BBM di SPBU yang selama ini bisa setiap hari untuk mencegah penimbunan menjadi sekali dalam 2 atau 3 hari,"ujarnya.
Sebenarnya aku Kapolres, secara nasional,  pedagang eceran tidak dibenarkan, namun Pemkab Kuansing melihat geografis wilayah yang luas sementara jumlah SPBU sedikit memberikan rekomendasi kepada pedagang untuk membeli BBM untuk warga yang jauh dari SPBU.

" Dalam mencegah penimbunan BBM saat ini, perlu dinas terkait berembuk ulang menata penyaluran, di SPBU tersedia di daerah yang jauh dari SPBU juga tersedia. Tapi Kita ingatkan setiap pelanggaran oleh pedagang dan petugas SPBU dalam penyaluran akan ditindak tegas,"pungkasnya.(isa )

Berita Lainnya

Index