Kursi Kapolri Pertarungan Para Mantan Ajudan Presiden

Kursi Kapolri Pertarungan Para Mantan Ajudan Presiden
Ilustrasi Okezone

AKARTA - Bursa calon Kapolri pengganti Jenderal Pol Timur Pradopo semakin menghangat. Ada tiga nama yang disebut-sebut berpeluang besar duduk sebagai pucuk pimpinan di institusi berseragam cokelat ini.

Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane mengatakan posisi Kapolri diprediksi akan menjadi pertarungan mantan ajudan Presiden.

"Ini akan menjadi pertarungan para mantan ajudan presiden. Kabareskrim Komjen Sutarman mantan ajudan Gus Dur, Kalemdikpol Komjen Budi Gunawan mantan ajudan megawati, dan Irjen Pol. Putut Eko Bayuseno yang saat ini menjabat Kepala Polda Metro Jaya, mantan ajudan SBY," kata Neta saat berbincang dengan Okezone, Kamis (13/6/2013).

Artinya, lanjut Neta, siapa pun yang akan menjadi Kapolri pasti akan siap. Tapi apakah kinerjanya memuaskan atau sesuai harapan publik, ini yang msh menjadi tanda tanya.

"IPW memperkirakan putut sebagai calon kuat, mengingat dia adalah mantan ajudan SBY, dan tentunya SBY akan lebih nyaman dengan Putut," tuturnya.

Neta menambahkan proses suksesinya akan dimulai pada Juli mendatang, yaitu terjadinya pergantian wakapolri. Diperkirakan Komjen Oegroseno yang menjabat Kabaharkam akan naik menjadi wakapolri.

"Setelah itu posisinya di Kabaharkam diperkirakan akan diduduki Irjen Pol. Putut Eko Bayuseno. Jika itu terjadi maka calon kuat kapolri hanya ada tiga, yakni Komjen Sutarman, Komjen budi gunawan, dan Irjen Putut Eko Bayuseno," tukasnya.

Sebelumnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berharap sebelum memasuki 2014 sudah terpilih Kapolri baru. Sehingga, ada waktu penyesuaian bagi Kapolri baru nantinya.

Tercatat ada 11 nama jenderal polisi yang masuk dalam bursa calon kapolri. Kompolnas akan menyerahkan nama-nama calon kapolri ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Juli mendatang.

"Kami perkirakan ada 11 calon. Tiga (orang) bintang tiga, yang lainnya bintang dua," kata anggota Adrianus Meliala usai bertemu Wakapolri Komjen Pol Nanan Sukarna di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Kamis (13/6/2013). ( okezone.com/ktc )

Berita Lainnya

Index