Ahmadinejad Ucapkan Selamat Atas Kemenangan Hassan Rohani di Pilpres Iran

Ahmadinejad Ucapkan Selamat Atas Kemenangan Hassan Rohani di Pilpres Iran
Foto: presstv.ir

TEHERAN - Presiden Iran Ahmadinejad mengucapkan selamat atas kemenangan capres moderat Hassan Rohani. Selain itu, Ahmadinejad juga mengucapkan selamat kepada pemimpin revolusi Islam Ayatollah Seyyed Ali Khamenei.

Dilansir dari PressTV, Minggu (16/6/2013), Ahmadinejad langsung menyampaikan pesan dan ucapan selamat kepada Rohani tak lama setelah hasil perhitungan suara diumumkan.

"Saya sangat percaya pada kapasitas yang luas dan tak berujung bangsa Iran untuk pengembangan dan pencapaian yang besar," kata Ahmadinejad dalam pesannya.

"Saya percaya bahwa semua puncak kemuliaan dapat ditaklukkan dengan keyakinan dan kepercayaan terhadap bangsa Iran, serta sikap saling menghormati terhadap perbedaan," imbuhnya.

Ucapan selamat juga datang dari para rival politik Rohani. Para rival politik ini termasuk pesaingnya di pilpres, yaitu Wali Kota Teheran Mohammad Baqer-Qalibaf, mantan Menteri Luar Negeri Ali Akbar Velayati, Sekretaris Dewan Kebijaksanaan Mohsen Rezaei dan Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Saeed Jalili. Selain itu, ucapan selamat juga datang dari pesaing Rohani yang akhirnya tak jadi ikut pilpres.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Iran Mostafa Mohammad Najjar, telah mengumumkan bahwa dari total 36.704.156 suara yang sudah dihitung, Rohani memenangkan 18.613.329 suara atau 50,7 persen.

Di peringkat kedua, Mohammad-Baqer Qalibaf memperoleh 6.077.292 suara. Saeed Jalili di tempat ketiga meraih 4.168.946 suara. Mohsen Rezaei di peringkat keempat dengan 3.884.412 suara. Ali Akbar Velayati dan Mohammad Gharazi peringkat di bagian bawah daftar, meraih 2.268.753 dan 446.015 suara. Sebanyak 1.245.409 surat suara dinyatakan tidak sah.

Hampir 50,5 juta orang Iran, termasuk lebih dari 1,6 juta pemilih pemula, memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam Pilpres Iran yang digelar 14 Juni lalu. Dari jumlah pemegang hak suara itu, 72,7 persen menggunakan haknya.( pres TV/detik.com/ktc )

Berita Lainnya

Index