Portal Online Kebanggaan Masyarakat Kuansing

Protes Piala Dunia Pemborosan, Demonstran di Brasil Bentrok dengan Polisi

Senin,16 Juni 2013 | 05:55:00   Dibaca: 926 kali
Protes Piala Dunia Pemborosan, Demonstran di Brasil Bentrok dengan Polisi
Ket Foto : Demo di Brasil (reuters)

RIO DE JANEIRO - Pesta sepakbola terbesar, Piala Dunia 2014, yang akan digelar di Brasil mendapat protes berbagai kalangan. Alokasi dana dari masyarakat untuk event dan renovasi stadion sangatlah besar, padahal masih banyak layanan masyarakat yang terbengkalai.

Kerusuhan pecah pada saat laga jelang Piala Konfederasi (ajang pemanasan piala dunia) Brasil vs Jepang. Seperti yang diberitakan reuters, Minggu (16/5/2013), aksi berlangsung di depan stadion Mane Garrincha.

Aksi protes yang awalnya damai berubah menjadi kacau saat para demonstran hendak menutup jalan menuju stadion. Polisi menggunakan gas air mata dan tembakan peluru karet untuk membubarkan demonstran.

Setidaknya 33 orang, termasuk 4 polisi, terluka karena kekacauan ini. Polisi menahan 22 orang yang dianggap bertanggung jawab dalam kerusuhan sporadis tersebut.

Demontrasi ini merupakan rangkaian aksi serupa yang berlangsung di Brasil selama seminggu. Mereka meminta anggaran yang demikian besar itu dialokasikan untuk sektor pendidikan dan layanan kesehatan.

Piala Dunia sepakbola akan digelar di Brasil untuk kedua kalinya pada tahun 2014. Dana untuk renovasi sejumlah stadion di sejumlah kota yang tidak memiliki klub sepakbola top sangatlah besar, sehingga memunculkan kekhawatiran tertentu. ( reuter/detik.com/ktc )


Baca Berita Lainnya
Tulis Komentar
comments powered by Disqus
.