Pacu Jalur Rayon I di Inuman, Sejumlah Jalur Unggulan Harus ' Gulung Kajang '

Pacu Jalur Rayon I di Inuman, Sejumlah Jalur Unggulan Harus ' Gulung Kajang '
Jalur Linggar Jati JA RAPP usai mendengarkan keputusan dewan hakim. ( ktc )


TELUK KUANTAN - Pacu jalur kecamatan rayon I di di Tepian Tigo Muaro, Kecamatan Inuman, Jumat (14/6) siang hingga sore semakin menarik. Sejumlah jalur unggulan terpaksa harus gulung kajang alias pulang kandang lebih awal setelah ditundukkan lawan-lawan mereka.

Diantara jalur-jalur unggulan yang harus pulang kandang lebih awal diantaranya jalur unggulan dari Desa Muaro Sentajo Kecamatan Sentajo Raya, yakni Jalur Keramat Jubah Merah yang dikalahkan oleh jalur sang juara nasional, sang pemegang piala bergilir Menteri Pariwisata RI, yakni Jalur Linggar Jati J-A RAPP dari Desa Pulau Kumpai Pangean.

Begitu juga dengan sang juara pacu jalur rayon I tahun 2011 Jalur Toduang Bakotat Bunga Kirana dari Desa Pauh Angit Pangean dipulangkan oleh jalur non unggulan lainnya, Jalur Cahaya Baru dari Desa Sukaping Pangean. Jalur unggulan tuan rumah Jalur Rentak Serambi Arung Samudra dari Pulau Sipan juga tunduk di haluan jalur Garuda Emas Muaro Sakti dari Kampung Medan, Kecamatan Kuantan Hilir. Selanjutnya, jalur unggulan dari Desa Pullau Kulur Kecamatan Kuantan Hilir Seberang, Jalur Ular Putih Linggo Biso juga harus tumbang dari jalur unggulan dari Desa Pulau Tengah Pangean, Jalur Ombak Nyalo Simutu Olang.

Begitu juga dengan juara even nasional tahun 2011, Jalur Sembilan Langka Putri Samudra dari Banjar Benai harus mengakui keunggulan Jalur Dubalang Sakti Harimau Pondam dari Kecamatan Logas Tanah Darat. Jalur Sutan Nan Garang Linsono Godang dari Pulau Kumpai Pangean setelah berhasil ditumbangkan Jalur Toduang Kuantan dari Desa Tanah Bekali Pangean.
Selanjutnya Jalur andalan Pulau Ingu Benai, Jalur Lipan Biso Rimbo Kumayang harus tunduk dihaluan jalur Keramat Sakti Alam Bagontar dari Desa Pulau Komang Sentajo Raya. Jalur Selendang Putiah dari Pulau Deras Pangean berhasil memulangkan jalur tuan rumah, Jalur Keramat Limpato 3 Muaro. Jalur Toduang Itom dari Lumbok Kuantan Hilir Seberang berhasil dikalahkan Jalur Meriam Onggang Parau dari Kepala Pulau Kuantan Hilir.

Jalur asal Indragiri Hulu yang berpartisipasi diajang ini dan finalis pacu jalur nasional tahun 2011, Jalur Sialang Soko Putri Mandi dari Setako Raya Peranap, Inhu tumbang di haluan jalur pendatang baru, yakni Jalur Untung Sudah Tuah Nagori dari Desa Banjar Nan Tigo Inuman. Sementara, Jalur Sembaran Olang Pulai dari Rawang Binjai Pangean berhasil mengalahkan jalur unggulan dari Desa Sawah Kuantan Tengah, Jalur Merak Jingga, yang sebelumnya dinyatakan draw alias imbang.

  11 jalur yang berhasil merengsek maju ke hari ketiga atau babak final Sabtu (15/6) besok, masih didominasi oleh jalur-jalur asal Kecamatan Pangean. Kecamatan ini menyisahkan menyisakan enam jalur, disusul Inuman satu jalur, Kuantan Hilir 2 jalur, Sentajo Raya dua jalur, dan Logas Tanah Darat satu jalur.

Pacu jalur hari kedua juga masih disaksikan puluhan ribu penonton yang memadati areal sepanjang tebing Sungai Kuantan di Tepian Tigo Muaro, Inuman. Masing-masing pendukung jalur kesayangan mereka, bersorak histeris saat jalur mereka berpacu keras merebut tiket ke hari ketiga.

Pacu jalur rayon I sendiri hari kedua berlangsung aman.  " Alhamdulillah aman dan lancar, mari kita sukseskan pacu jalur rayon satu ini," ujar Camat Inuman, Mastur mengajak. ( isa )

Berita Lainnya

Index