Dua jalur tampak sedang berpacu di hari pertama pacu jalur rayon I di Inuman. ( isa )

Pacu Jalur Inuman, 22 Jalur Melaju ke Hari Kedua

Kamis,13 Juni 2013 - 06:50:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUK KUANTAN - Dari 43 jalur yang berlaga dihari pertama ajang pacu jalur kecamatan rayon I, 22 jalur melaju ke hari kedua, untuk melanjutkan perpacuan hari Jumat (14/6) besok.Pacu jalur ini sendiri dihadiri puluhan ribu warga Kuansing dan dibuka oleh Bupati H Sukarmis.

22 Jalur yang berhasil mengandaskan lawan-lawannya itu antara lain jalur Linggar Jati J-A RAPP, Sutan Nan Garang, Cahaya Baru, Untuang Sudah Tuah Nagori, Garuda Emas Muaro Sakti, Merak Jingga, Sembaran Olang Pulai, Toduang Bakotat, Dubalang Sakti, Toduang Kuantan, Keramat Limpato, Todùang Itom, Selendang Putiah, Keramat Jubah Merah, Ombak Nyalo Simutu Olang, Lipan Biso Rimbo Kumayang, Rentak Serambi Bunga Cempaka, Meriam Onggang Parau, Sembilan Langka Putri Samudra, Ular Putieh Linggo Biso, dan Sialang Soko serta Keramat Sakti Alam Bagontar.

Sementara itu dari 43 buah jalur yang berpacu dihari pertama Kamis ( 13/6 ) siang tadi, berasal dari kecamatan Pangean 10 jalur, Kuantan Tengah 2 jalur, Inuman 6 jalur, Kuantan Hilir 6 jalur, Kuantan Hilir Seberang 5 jalur, Sentajo Raya 6 jalur, Benai 5 jalur, Logas Tanah Darat 2 jalur, dan satu jalur dari Peranap, Indragiri Hulu. Sementara, Kecamatan Cerenti yang merupakan bagian dari rayon I tidak mengutus jalurnya.

Sementara itu Bupati Sukarmis saat membuka pacu jalur rayon I di Tepian Tigo Muaro, kembali mengingatkan, bahwa pacu jalur merupakan tanggungjawab semua pihak di negeri ini untuk melestarikannya. Sehingga tradisi asli Kuansing ini bisa eksis hingga akhir zaman. Namun disadari bupati, tantangan berat dalam melestarikan tradisi ini adalah semakin sulitnya materil jalur, yakni kayu yang digunakan untuk membuat jalur.

"Mari sama-sama kita lestarikan pacu jalur ini, karena ini adalah tanggungjawab semua pihak," ajak Bupati Sukarmis dihadapan para anggota DPRD Kuansing, para asisten, kadis, kaban, kabag dan sejumlah camat di lingkungan Pemkab Kuansing.

Selain itu, pembukaan ini juga dihadiri para kades, pemangku adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat se-Kecamatan Inuman serta ratusan masyarakat yang memadati arena pacu jalur Tepian Tigo Muaro.

Pelaksanaan pacu jalur rayon satu merupakan rangkaian dari pelaksanaan pacu jalur tingkat nasional. Dirinya berharap kepada seluruh peserta dan masyarakat untuk bersama-sama mensukseskan pacu jalur rayon satu ini. "Mari kita sukseskan pacu jalur rayon satu ini. Mudah-mudahan aman dan sukses hingga akhir,"pungkasnya. ( isa )


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT