Bupati Komit Tuntaskan Masalah Pengangguran

Bupati Komit Tuntaskan Masalah Pengangguran
Bupati H Sukarmis saat menghadiri pembukaan program padat karya di desa Rantau Sialang. ( isa )


TELUK KUANTAN - Bupati Kuansing H Sukarmis menegaskan komitmennya mengatasi masalah pengangguran, karena itu dirinya meminta instansi terkait membuat program mendesak yang aplikatif yang secara langsung menyentuh kepentingan masyarakat , terutama yang berhubungan berhubungan dengan penyediaan lapangan kerja dan kesempatan kerja.

Hal tersebut dikatakannya saat membuka program padat karya yang ditaja Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kuansing di desa Rantau Sialang Kecamatan Kuantan Mudik, Rabu ( 12/6 ) siang. Hadir dalam acara tersebut, Setdakab Kuansing Muharman, anggota DPRD Kuansing Andi Cahyadi, Afri, serta pejabat dilingkungan Pemkab Kuansing. Juga Camat Kuantan Mudik Asmari, upika, tokoh masyarakat, kades, dan masyarakat Rantau Sialang.
Untuk menjawab tantangan itu ujarnya, Dinas sosial dan tenaga kerja harus berusaha menciptakan  kesempatan kerja sebagai skala prioritas. Kesempatan yang akan didorong adalah kesempatan kerja produktif yang berbasis kegiatan ekonomi. Ini merupakan upaya nyata dan komitmen pemerintah dalam meningkatkan kesejateraan masyarakat.
Dilanjutkan Bupati, masalah ketenagakerjaan dari waktu kewaktu diperkirakan akan tetap diwarnai dengan tingkat pertumbuhan angkatan kerja tinggi. Berbanding terbalik dengan terbatasnya lapangan kerja yang tersedia. Solusinya tentu menciptakan lapangan kerja disektor informal yang mampu menyerap tenaga kerja cukup besar. Disamping itu, juga diperlukan pembangunan ketenagakerjaan, salah satunya melalui program pengembangan kesempatan kerja melalui kegiatan kerja sarjana, mandiri, teknologi tepat guna atau padat karya.

Tujuan dari program padat karya adalah memberdayakan potensi SDM masyarakat penganggur dan setengah penganggur untuk perluasan kesempatan kerja. Ini dilakukan untuk membuka isolasi kerja pada waktu musim sepi kerja (habis tuai dan musim penghujan) dilakukan dengan cara gotong royong.

Bupati berharap, pelaksanaan padat karya yang tahun akan dilaksanakan di 7 lokasi di Kuansing dilandaskan pada situasi kondisi daerah, sehingga jenis dan bentik kegiatan yang dilaksanakan dan dikembangkan memmilki manfaat yang tinggi bagi masyarakat.

Usai menyampaikan pidato Bupati langsung meninjau lokasi padat karya dengan membangun jalan semenisasi desa sepanjang 250 meter lebih dengan cara gotong royong. Bupati Sukarmis juga bergabung dengan masyarakat Rantau Sialang bersama-sama mengerjakan jalan semenisasi. Terlihat Bupati sangat akrab dengan masyarakat.(isa )

Berita Lainnya

Index