Nostalgia Adik Obama di Yogya dan Kisah Pohon Natal 'Berbuah' Cabai

Nostalgia Adik Obama di Yogya dan Kisah Pohon Natal 'Berbuah' Cabai
Fhoto detik.com

YOGYAKARTA - Bagi adik Presiden Amerika Serikat Barrack Obama, Maya Soetoro-Ng, Yogyakarta termasuk kota istimewa. Maya pernah melewatkan masa kecil di kote gudeg tersebut. Natalan dengan cabai warna merah dan hijau menggantung adalah salah satu kenangan yang paling diingatnya.

Maya memberikan ceramah di kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Selasa (11/6/2013). Ia datang bersama rombongan dari University of Hawaii AS.

Maya menyampaikan ceramah bertema education for peace. Staf pengajar University of Hawaii itu menggunakan bahasa gado-gado. Ia berusaha menggunakan bahasa Indonesia yang masih dikuasainya, namun demi kelancaran pidato, ia lebih banyak menggunakan bahasa Inggris. Baru setelah itu, kalimatnya diterjemahkan.

Di sela pidato, perempuan berambut ikal ini menceritakan pengalaman masa kecilnya saat tinggal bersama ibunya Ann Dunhan di perumahan dosen di Kompleks Bulaksumur Blok D/7, Sleman. Saat itu, pada bulan Desember, Maya ingin merayakan Natal dengan menghias pohon. Oleh ibunya, pohon itu diberi cabai warna dan hijau.

"Saya senang sekali. Pohonnya jadi meriah, karena ada (cabai) warna merah dan hijau," ungkap Maya.

Selain memberikan ceramah, Maya dan rombongan menjalin dan memperkuat kerjasama dengan UGM di bidang mitigasi bencana, terutama kerjasama perintisan program double degree, join research dan exchange program. ( dtc/ktc )Setelah memberi ceramah, Maya Soetoro-Ng menyempatkan diri berkunjung bekas tempat tinggalnya.

Berita Lainnya

Index