Portal Online Kebanggaan Masyarakat Kuansing

Pemkab Kuansing Disosialisasikan Kartu Pegawai Elektronik

Senin,10 Juni 2013 | 08:56:00   Dibaca: 1467 kali
Pemkab Kuansing Disosialisasikan Kartu Pegawai Elektronik
Ket Foto : Asisten III Setda Frederik, SE saat membuka sosialisasi KPE di Balai Adat Teluk Kuantan. ( pen )


TELUK KUANTAN  - Pemkab Kuansing, Senin ( 10/6 ) siang mensosialisasikan implementasi Kartu Pegawai Negeri Elektronik (KPE) di Balai Adat Teluk Kuantan.

Sosialisasi ini dibuka Asisten III Setda Kuansing Frederik SE MM dan dihadiri kepala SKPD dan Camat di jajaran Pemkab Kuansing. Sejumlah narasumber dihadirkan antara lain dari Bank RiauKepri Teluk Kuantan.

Menurut Asisten III, saat ini Pemkab dihadapkan suatu paradigma yang sering disebut dengan e-goverment yang merupakan sebuah cara dalam pemerintahan menggunakan teknologi baru melayani masyarakat dengan memberikan kemudahan akses untuk pemerintah dalam hal pelayanan dan informasi untuk menambah kualitas pelayanan serta memberikan peluan untuk berpartisipasi dalam proses dan institusi demokrasi.

Menurutnya, salahsatu bentuk dari pelaksanaan e-govermen berkaitan dengan pelayanan kepegawaian adalah penggunaan kartu pegawai negeri sipil elektronik yang berdasar pada peraturan kepala BKN Nomor 7/2008 tentang kartu pegawai negeri sipil elektronik.

Tujuan dilaksanakannya KPE ini, katanya, adalah untuk pengaturan administrasi PNS agar tertib dan teratur, bertanggungjawab mengemban pelayanan masyarakat sebagai kepanjangan tangan pemerintah. Adapun tindaklanjut dari kegiatan ini, kata Frederik, adalah pelaksanaan pengambilan data foto dan sidik jari PNS dilakukan pada 20 Juni hingga 1 Juli mendatang.

"Kartu pegawai yang kita kenal dengan singkatan Karpeg yang berlaku selama ini belum dapat dimanfaatkan untuk kemudahan pemberian pelayanan secara multiguna kepada pNS, penerima pensiun, dan keluarganya. Untuk itu, perlu dibangun sistem layanan lebih efesien dengan memanfaatkan teknologi informasi," ujarnya.

Dijelaskan, KPE merupakan kartu identitas PNS yang menggunakan teknologi kartu pintar dan otentifikasi sidik jari, sehingga selain sebagai identitas, KPE juga dimanfaatkan untuk berbagai layanan, seperti Perbankan, kesehatan, Taspen serta fungsi lain dalam rangka meningkatkan kesejahteraan. "Dengan demikian, KPE ini nantinya akan menggantikan fungsi Karpeg yang selama ini kita gunakan," katanya.

Frederik menghimbau sepada seluruh kepala SKPD di Kuansing agar dapat mensosialisasikan kembali mengenai KPE ini kepada seluruh PNS dijajarannya masing-masing. "Hendaknya kegiatan ini dapat berjalan tertib, aman dan terkendali. Kepada Bank Riau Kkkepri serta BKD Kuansing untuk dapat kiranya membangun kerjasama yang baik agar berjalan sesuai dengan harapan," katanya.( pen  )


Baca Berita Lainnya
Tulis Komentar
comments powered by Disqus
.