almarhum Taufiq Kiemas. ( dtc/ktc )

Siapa Ketua MPR Pengganti Taufiq Kiemas?

Minggu,09 Juni 2013 - 04:56:00 WIB
Share Tweet Google +

JAKARTA - Ketua MPR Taufiq Kiemas tutup usia. Siapakah tokoh yang akan menggantikannya menjadi ketua MPR?

Menurut Ketua Fraksi Gerindra MPR RI Martin Hutabarat, pengganti Taufiq Kiemas tidak harus dari PDIP. Karena Taufiq terpilih sebagai Ketua MPR sebagai hasil dari konsensus fraksi-fraksi di DPR.

"MPR berbeda dengan DPR. Pimpinan DPR itu pemenang Pemilu jadi ketua, kalau MPR itu konsensus," kata Martin kepada detikcom, Minggu (9/6/2013).

Sosok Taufiq Kiemas kala itu diterima oleh semua fraksi karena dianggap tokoh senior yang sangat bersahabat. "Karena figur Pak Taufiq, maka kita semua sepakat, meskipun PDIP hanya pemenang nomor tiga," kataya.

Namun kini Taufiq telah tiada. Bisa saja PDIP kehilangan kursi ketua MPR, namun peluang PDIP mempertahankan kursi Ketua MPR itu masih ada, jika PDIP mengusulkan tokoh kuat.

"Pak Taufiq sudah tidak ada, maka terbuka kemungkinan penggantinya bisa dari PDIP atau dari partai lain. Bisa terbuka kemungkinan fraksi lain," katanya.

"Sekiranya dari PDIP mencalonkan pengganti Pak Taufiq adalah orang yang memiliki figur seperti Pak Taufiq maka kemungkinan besar semua fraksi akan konsensus akan menerimanya," tutup Martin.( dtc/ktc )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT