Jokowi Adalah 'Obat' Bagi Taufiq Kiemas

Jokowi Adalah 'Obat' Bagi Taufiq Kiemas
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Ketua MPR Taufiq Kiemas (kanan) ketika ber

JAKARTA - Setelah sempat diam saat datang melayat ke rumah Taufiq Kiemas, Gubernur Joko Widodo akhirnya berbicara kepada wartawan. Pria yang akrab disapa Jokowi itu kaget ketika mendengar wafatnya suami dari Megawati itu.

"Kami semua kaget dengan meninggalnya beliau," ujar Jokowi kepada wartawan, Sabtu malam, 8 Juni 2013 di rumah duka. Jokowi berdoa agar arwah almarhum diterima di sisi Allah SWT.

Menurut Jokowi, almarhum Taufiq Kiemas memberikan peninggalan yang luara biasa terhadap bangsa. "Salah satu peninggalan besar almarhum terhadap bangsa dan negara adalah empat pilar," kata Jokowi. Empat pilar yang dimaksud adalah Pancasila, NKRI, UUD 45, serta Bhinneka Tunggal ika.

Di bidang politik,  Jokowi mengatakan bahwa Taufiq Kiemas merupakan sosok penting bagi kader-kader PDIP termasuk dirinya. "Beliau sering membantu kader termasuk saat saya terpilih menjadi Gubernur," katanya.

Terpilihnya Jokowi sebagai Gubernur DKI juga sempat menjadi "obat" bagi almarhum yang saat itu sedang sakit. "Saya sekarang sudah sembuh. Obatnya adalah kamu terpilih sebagai Gubernur DKI," ujar Jokowi menirukan ucapan Taufiq.

Secara pribadi, Jokowi mengenal Taufiq Kiemas sebagai sosok yang kebapakan, tegas, dan sering memberikan nasehat yang baik.( tpc/ktc )

Berita Lainnya

Index