Begini Cara Blokir Nomor Mama Minta Pulsa

Begini Cara Blokir Nomor Mama Minta Pulsa
TEMPO/Tony Hartawan. ( ktc )

JAKARTA - Penipuan menggunakan modus "mamah minta pulsa atau kirim ke rekening saya segera" masih sering ditemui di masyarakat. Akibatnya, muncul pesan berantai yang berisi bagaimana cara memblokir nomor telepon yang diduga melakukan penipuan.

Berikut isi pesan berantai tentang blokir nomor penipu ini:

CARA BLOKIR NO HP PENIPUAN

Jgn kita biarkan, saat ini ada cara utk menanggulanginya :
1. TELKOMSEL
Format SMS : penipuan#nomor penipu#isi SMS tipuan dan kirim ke 1166
Contoh : Penipuan#081212­3456#selamat anda mendptkan 1 unit mbl avanza dr telkomsel poin...dst lalu kirim ke 1166

2. XL
Format SMS : Lapor#Nomor yg di gunakan utk menipu#kasus yg dikeluhkan lalu krm ke 588

3. INDOSAT
Format SMS : SMS(spasi)Nomor­ pengirim SMS penipuan (spasi)­ isi SMS penipuan, kirim ke 726

Jika sudah lebih dr 2 org yg melaporkan SMS penipuan, maka nomor tersebut segera diblokir secara permanen oleh operator. Layanan ini gratis!

Benarkah isi pesan tersebut? Public Relations Manager XL Axiata, Henry Wijayanto, mengatakan format laporan tersebut adalah yang lama. "Sekarang pelanggan tinggal forward pesannya ke nomor 588," katanya.

Henry menjelaskan kemudian XL akan melacak nomor tersebut. Jika memang transaksi yang dilakukan si nomor mencurigakan, misal mengirim pesan hingga ke 100 nomor, maka bisa langsung diblokir.

"Tapi tidak blokir keseluruhan, hanya tidak bisa kirim pesan saja," ujarnya. Blokir keseluruhan hanya bisa dilakukan jika bekerja sama dengan Kepolisian.

Head of Corporate Communication PT Telkomsel Adita Irawati membenarkan bahwa format tersebut adalah cara pelaporan masyarakat. Setelah itu, mereka akan melakukan verifikasi terhadap nomor yang dilaporkan untuk kemudian diambil langkah selanjutnya.

Juru bicara Indosat, Adrian Prasanto, mengatakan tidak ada mekanisme seperti itu. "Indosat belum punya mekanisme blokir," ujarnya ketika dihubungi Tempo, Rabu, 22 Mei 2013.

Dia mengatakan Indosat memang sedang menyiapkan sistem untuk laporan modus tipu-tipu semacam ini. Saat ini yang ada hanya lah masyarakat melaporkan nomor penipunya ke galeri Indosat atau layanan konsumen. (Baca Lengkap. ( tempo.co/ktc )

Berita Lainnya

Index