Ilustrasi. ( ktc )

BPMPKB Bakal Buat Profil Desa

Senin,20 Mei 2013 - 07:58:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Tahun 2013 ini, Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana ( BPMPKB ) Kuansing  akan memulai pembuatan profil desa. Profil desa ini bakal menjadi lumbung data bagi berbagai fihak untuk mengetahui informasi tentang sebuah desa.
Hal tersebut dikatakan Kepala BPMPKB Kuansing, Drs Asharuddin, melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Desa, Saleh, S.Sos, Senin ( 20/5 ) di Teluk Kuantan.
Profil desa tersebut katanya akan ditampilkan dalam bentuk teknologi informasi seperti website yang dikelola langsung oleh BPKMPB. " Dengan berbentuk website, perubahan informasi tentang sebuah desa dapat dilakukan perubahan, dan fihak manapun dapat mengaksesnya dari mana pun dengan membuka website ini kelak,"ujarnya.
Informasi yang akan ditampilkan dalam profil desa tersebut ujarnya semua infromasi seperti luas wilayah, jumlah penduduk, jumlah areal sawah, jumlah areal perkebunan, jumlah kolam ikan rakyat, jumlah rumah dan jumlah peternakan.
" Pokoknya semua informasi yang ada di desa ditampilkan dalam profil desa itu,"ujarnya.
Data tersebut ujarnya dapat digunakan fihak-fihak lain yang berkepentingan untuk proses perencanaan pembangunan di masing-masing desa. Contohnya ada fihak yang menginginkan data tentang jumlah areal kolam ikan, instansi pusat dan provinsi atau kabupaten dapat langsung melihat dari profil desa ini.
Karena itu peran dari Kades dan perangkatnmya nanti sangat besar untuk memberi tahu ke BPMPKB soal perubahan data tersebut. Karena data tersebut manfaatnya untuk masing-masing desa tersebut juga.

Karena keterbatasan dan pembuatan profil desa ini baru pertama kali dilaksanakan sebutnya, maka untuk tahun ini direncanakan 10 desa. " Kalau semuanya kan 229 desa dan kelurahan, namun tahun ini Kita upayakan 10 desa terlebih dahulu, tetapi semua desa akan dibuatkan,"pungkasnya. (yus )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT