Bupati Sukarmis saat bersama Kapolda di Mapolres Kuansing, Rabu siang. ( isa )

Walau Sempat Ricuh, Pemkab Lanjutkan Penertiban PETI di Hulu Kuantan

Kamis,15 Mei 2013 - 08:03:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUK KUANTAN - Walaupun sempat berakhir ricuh, Pemkab Kuansing akan terus menertibkan penambangan emas tanpa izin ( PETI ) termasuk di Hulu Kuantan. Pemkab tak gentar dengan tantangan yang dihadapi selama melaksankaan penertiban. Selain karena illegal dan merusak lingkungan, hal ini juga dilakukan demi masayarakat yang dirugikan akibat kegiatan tersebut seperti yang bergerak dalam usaha perkebunan, perikanan dan pertanian tnaman pangan.

"Kita juga akan kembali melakukan kemping di Hulu Kuantan, jika perlu di dekat lokasi PETI yang masih ada"kata Bupati Sukarmis saat bincang-bincang dengan wartawan di Teluk Kuantan, Rabu (15/5) siang. 

Karena itu dirinya akan lihat dua hari ini perkembangannya, sebelum kembali digelar kemping bersama tim terpadu di Hulu Kuantan. Tentunya dengan kesiapan yang matang menambah jumlah perrsonel dari Polisi, TNI, Brimob.,"Aktivitas ini sudah harus dihabiskan, kalau perlu kita dua malam disana,"katanya.
Aktivitas yang sudah cukup lama di Kuansing ini, Bupati Sukarmis menegaskan tidak akan surut dan akan terus melakukan penertiban bersama tim terpadu.
Menurut Sukarmis, semenjak aktivitas PETI marak disepanjang aliran sungai kuantan ada ribuan orang yang terancam tidak bisa lagi menggunakan air sungai. Bahkan pencemaran akibat aktivitas ini sangat dirasakan masyarakat yang berdampak pada areal kolam ikan rakyat dan perkebunan dan pertanian.
Bupati mengakui, meskipun pada penertiban kemarin melalui medan yang cukup berat, namun tim terpadu ini tidak akan menyurutkan langkahnya untuk terus melakukan penertiban.
Dalam kesempatan berjumpa Kapolda, Sukarmis juga sempat meminta bantuan Brimob untuk mendukung operasi penertiban PETI di lapangan. ( isa )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT