ilustrasi. ( ktc )

Pengamat: Belum Ada Kandidat yang Layak Jadi Gubernur Riau

Minggu,12 Mei 2013 - 08:28:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

PEKANBARU - Menjelang penyelenggaraan pemilihan Gubernur Riau, sudah banyak kandidat yang muncul. Namun, menurut pengamat politik, semua kandidat yang bermunculan saat ini belum ada yang memberikan harapan untuk kemajuan daerah yang disebut Bumi Melayu.  
 
Pengamat politik, Arman Muktar menyebut semua politisi yang maju hanya dari kelangan elit yang notebenenya hanya haus kekuasan dan dianggap tidak mempunyai integritas dan kapabalitas untuk memajukan Riau.
 
"Calon yang muncul untuk Riau 1 hanya kalangan elitis saja. Dan saya melihat mereka bertarung untuk merebut kekuasaan. Bukan untuk bagaimana bisa memajukan Riau kedepan. Masyakat bisa menilai bagaimana mereka sewaktu masih memegang kekuasaan. Apakah benar-benar kepentingan masyarakat di bela?," kata Arman kepada okezone, Senin (13/5/2013).
 
Sebagai salah satu tokoh masyarakat Riau, Arman berpendapat bahwa dalam waktu beberapa tahun kedepan Riau mengalami krisis kepemimpinan. Tokoh-tokoh yang muncul untuk menjadi pemimpin Riau menurutnya hanya akan mencari kesenangan seperti harta, tahta dan wanita.
 
Krisis kepemimpinan dalam beberapa tahun kedepan itu kata dia, Riau hanya bisa jalan ditempat bahkan bisa mengalami kemunduran.
 
"Yang diimpikan masyarakat saat ini adalah sosok pemimpin yang mempunyai kemampuan bagaimana membuat Riau maju, rakyat sejahtera. Bukan hanya mengambil simpatik. Kemudian setelah mereka duduk, mereka lupa dengan apa yang telah dijanjikannya" kata Arman yang juga seniman Riau.
 
"Saya rasa belum ada calon yang memunuhi syarat dari segi pandangan masyarakat secara umum. Kita takut masyarakat akan menjadi korban politik yang mencari kekuasaan. Untuk itu kita, harap siapun yang memimpin Riau mendatang dialak sosok yang benar-benar bisa membuat harapan baru untuk masyarakat," tukasnya.
 
Sejumlah namanya calon gubernur Riau yang digadang-gadang maju seperti mantan Walikota Pekanbaru, Herman Abdullah. Kemudian Bupati Rohul, Ahcmad, Wakil Gubernur Riau, Mambang Mit.
 
Kemudian Syamsurijal yang menjabat inspektorat Riau dan mantan Bupati Bengkalis. Selanjutnya Bupati Rohil Annas Maamun. Mantan Gubernur Riau, Wan Abukakar yang kini menjadi anggota dewan dan sejumlah pejabat dan tokoh lain di Riau.
 
Pemilihan Gubernur Riau akan digelar September 2013. Saat ini sejumlah bakal calon Gubernur sudah ada yang mendaftarkan diri ke KPU. "Kemungkinan untuk pemilihan Gubernur Riau paling banyak diikuti oleh 5 pasangan," kata anggota KPUD Riau, Lena Parida.( ozc/ktc )

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT