Hutan Kota di Pulau Bungin Teluk Kuantan. ( ktc )

Hutan Kota Teluk Kuantan Perlu Ditambah

Senin,12 Mei 2013 - 04:54:00 WIB
Share Tweet Google +
Loading...

TELUK KUANTAN - Melihat animo masyarakata memanfaatkan hutan kota yang ada di Teluk Kuantan untuk santai, olahraga dan yang lainnya, keberadaan hutan kota perlu ditambah dimasa-masa mendatang.
Hal tersebut disarankan pemerhati tata ruang Ir Z Qadri belum lama ini. Memang jika ada hutan kota, berdampak pada pengeluaran untuk membeli lahan baru.
Dirinya melihat pada pagi hari dan sore hari bahkan siang hari 2 hutan kota yang ada masing-masing di Kompleks Pemda dan Pulau Bungin menjadi tempat warga beraktifitas. Apalagi dua hutan kota ini juga sudah yang menyediakan tempat untuk pedestrian ( jalan kaki ).
" Jadi sambil menghirup udara segar, warga juga sambil berolahraga dan menikmati pemadangan hijau yang semakin jarang ditemukan,"ujarnya.
Menurutnya, ada sejumlah lokasi yang layak dijadikan hutan kota, seperti dikawasan antara Komplek Pemda dan Mapolres Kuansing. Jika dana Pemkab memadai, lahan tersebut dibeli dan dijadikan hutan kota, memang cukup luas, tetap kedepan fungsi banyak sepertio daerah resapan air, jika kawasan ini gundul nantinya dapat berakibat buruk pada lingkungan Senambek.
" Hutan kota ini nantinya jadi kawasan marga satwa yang semakin terdesak komunitasnya,"ujar Z. Qadri.
Kalau kawasan hutan kota Kompleks Pemda menyambung dengan Mapolres ujarnya, maka kawasan ini sangat potensial juga sarana wisata, Karena kawasannya berada di areal perbukitan.
Selainitu kawasan eks ruko yang terbengkalai di Pasar Teluk Kuantan juga layak menjadi kawasan hijau bagian dari Boulevard kota. Jadi diarena ini selain ada tanaman juga ada tempat lapangan luas untuk melaksanakan kegiatan. Kalau sekitar 1 hektar ditanami pohon dikawasan ini, kawasan Tepian Narosa atau pasar akan menjadi lebih indah. Itu kalau perubahan lahan memungkinkan.
Sementara itu Kadis Kehutanan Kuansing, Febrian Swanda, S.Hut belum lama ini menyatakan, sejauh ini untuk kota Teluk Kuantan baru ada dua hutan kota maisng-masing di kawasan Kompleks Pemda dan kawasan Pulau Bungin. (isa  )

 

TULIS KOMENTAR

Loading...

BERITA TERKAIT