Panwaslu Kuansing Kesulitan Minta Data ke KPU

Panwaslu Kuansing Kesulitan Minta Data ke KPU
Logo Panwaslu

TELUK KUANTAN – Panitia Pengawas Pemilu ( Panwaslu ) Kuansing mengakui kesulitan mendapatkan data termasuk hasil verifikasi bakal calon anggota legislative ( Bacaleg ) yang sudah dilakukan KPU Kuansing. Hal ini membuat fungsi pengawasan Panwaslu menjadi terkendala

            “ Alasannya mereka menunggu hasil verifikasi benar-benar tuntas,”ujar Ketua Panwaslu Kuansing, Alfias, ST saat ramah tamah dengan wartawan di Rumah Makan Salero Kampuang Teluk Kuantan, Jumat ( 10/5 ) yang lalu.

             Padahal ujarnya, hasil verifikasi berkas persyaratan Bacaleg harus diberitahu kepada Panwaslu tanpa diminta sekalipun, karena hal ini menjadi hak bagi Panwaslu untuk mengetahuinya.

            “ Ini jangan kan diberi, diminta pun KPU enggan memberikan data hasil verifikasi berkas persyaratan Bacaleg itu,’ujarnya.

Masalahnya kata Alfias didampingi 2 anggota Panwaslu Ahdanan Saleh dan Nukman Antoni, bagaimana Panwaslu akan bekerja mengawasi tahapan Pemilu kalau tidak ada data.

Contohnya dalam masalah kelengkapan berkas Bacaleg yang sudah diserahkan. Pada saat verifikasi berkas tuntas oleh KPU, tentu saja banyak persyaratan yang belum lengkap dan perlu diperbaiki, dan Bacaleg harus melengkapi berkas yang kurang itu.

“ Bagaimana Panwaslu akan memantau Bacaleg yang sudah melengkapi berkas yang kurang kalau data tidak ada, disinilah perlunya pengawasan itu, sehingga sampai saat ini Panwaslu tidak tahu jumlah Bacaleg yang kurang berkas persyaratannya, persyaratan apa saja yang kurang dan yang lainnya, sehingga juga rumit untuk memantau apakah mereka nanti sudah menyerahkan kekurangan itu atau belum,”ujarnya.

Sementara itu terkait ramah tamah dengan media, Alfias menyatakan  peran media massa dan wartawa sangat penting dalam menunjang keberhasilan tugas Panwaslu, terutama dalam bidang pengawasan. Karena itu dirinya tak segan-segan akan meminta masukan dari rekan-rekan media untuk mensukseskan tugas-tugas Panwaslu. ( isa )

Berita Lainnya

Index