Portal Online Kebanggaan Masyarakat Kuansing

Selain Kenaikan Harga, akan Ada Juga Pembatasan Pembelian BBM Subsidi

Jumat,10 Mei 2013 | 06:38:00   Dibaca: 853 kali
Selain Kenaikan Harga, akan Ada Juga Pembatasan Pembelian BBM Subsidi
Ket Foto : fhoto detik.com. ( ktc )

JAKARTA - Pemerintah dalam waktu dekat akan memberlakukan kenaikan harga BBM subsidi. Namun selain itu, akan ada juga kebijakan pembatasan pembelian BBM subsidi.

PT Pertamina dan PT INTI sudah melakukan tender pengadaan alat yang namanya Radio Frequency Idenification (RFID). Pertamina akan melakukan pemasangan RFID di 100 juta kendaraan di seluruh Indonesia dan 5.027 SPBU dan 92.000 nozel mulai Juli tahun ini.

"Untuk tahap awal RFID ini hanya digunakan untuk monitoring pendistribusian BBM subsidi, mencatat setiap transaksi, volume, dan sebagainya, namun jika Pemerintah mau melakukan pengendalian BBM subsidi (penjatahan) hal itu sangat bisa dilakukan karena sudah ada RFID-nya," ujar Direktur Pemasaran dan Niaga PT Pertamina, Hanung Budya beberapa waktu lalu.

Dengan RFID tersebut, jika penjatahan dilakukan nozel tidak akan mengeluarkan BBM subsidi jika kuota yang ditetapkan sudah melebihi yang ditentukan.

Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo, mengungkapkan pembatasan tentu akan dilakukan buat apa RFID dipasang dikendaraan namun hanya untuk monitoring saja. "SMP (sistem monitoring dan pengendalian) itu monitoring dalam rangka pengendalian, kalau dimonitoring melulu tanpa dikendalikan kan percuma saja," tandas Susilo.

Pemerintah akan memberlakukan kenaikan harga BBM subsidi. Saat ini pemerintah sedang menunggu pembahasan R-APBN Perubahan 2013. ( dtc/ktc )


Baca Berita Lainnya
Tulis Komentar
comments powered by Disqus
.