Najib Tun Razak. (

Menang Pemilu, Najib Razak Dilantik Kembali Menjadi PM Malaysia

Selasa,06 Mei 2013 - 05:05:00 WIB
Share Tweet Google + Cetak

KUALA LUMPUR - Perdana Menteri (PM) Malaysia Datuk Seri Najib Tun Razak hari ini dilantik untuk masa jabatan kedua setelah koalisi berkuasa, Barisan Nasional dinyatakan memenangi pemilihan umum Malaysia. Najib diambil sumpahnya oleh raja Malaysia.

"Saya, Najib Razak, yang telah dipilih sebagai perdana menteri, bersumpah bahwa saya akan dengan jujur memenuhi kewajiban saya dengan kemampuan terbaik saya untuk mempertahankan dan melindungi konstitusi," ujar Najib dalam seremoni di Kuala Lumpur seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (6/5/2013).

Sementara itu, pemimpin oposisi Anwar Ibrahim menyerukan untuk menggelar aksi demo dua hari mendatang, guna memprotes kemenangan Barisan Nasional. Anwar menolak mengakui hasil pemilu tersebut. Menurut Anwar, pemilu kali ini merupakan kecurangan pemilihan paling buruk dalam sejarah negeri itu.

"Saya menyerukan warga Malaysia untuk bergandengan tangan dan mengungkapkan penolakan dan kebencian kita atas kecurangan pemilihan yang dilakukan Najib Razak dan Komisi Pemilihan Umum," seru Anwar dalam statemennya.

Aksi demo itu rencananya akan digelar pada Rabu, 8 Mei di stadion yang terletak di pinggiran ibukota Kuala Lumpur. "Pemerintah telah kehilangan legitimasinya," cetus Anwar seraya menyebut pemilu tersebut "kejahatan" terhadap warga Malaysia.

Barisan Nasional akhirnya tampil sebagai pemenang pemilu Malaysia setelah meraih 133 kursi parlemen sehingga mampu mengantarkan Najib sebagai perdana menteri keenam negeri Jiran itu.

Sedangkan, partai oposisi yang dipimpin Anwar mendapatkan 89 kursi di parlemen, atau bertambah sebanyak tujuh kursi dibanding pemilu 2008 silam. ( afp/dtc/ktc


Ikuti Kuansing Terkini Melalui Media Sosial


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

Internasional

Islam Agama Paling Banyak Dianut di Dunia

Sabtu,04 Juli 2014
Internasional

Gereja di Amerika Berubah Menjadi Masjid

Jumat,03 Juli 2014
Internasional

Lelaki Tinggal Bareng Mayat Istrinya

Selasa,13 Januari 2014