Menang Pemilu, Najib Razak Dilantik Kembali Menjadi PM Malaysia

Menang Pemilu, Najib Razak Dilantik Kembali Menjadi PM Malaysia
Najib Tun Razak. (

KUALA LUMPUR - Perdana Menteri (PM) Malaysia Datuk Seri Najib Tun Razak hari ini dilantik untuk masa jabatan kedua setelah koalisi berkuasa, Barisan Nasional dinyatakan memenangi pemilihan umum Malaysia. Najib diambil sumpahnya oleh raja Malaysia.

"Saya, Najib Razak, yang telah dipilih sebagai perdana menteri, bersumpah bahwa saya akan dengan jujur memenuhi kewajiban saya dengan kemampuan terbaik saya untuk mempertahankan dan melindungi konstitusi," ujar Najib dalam seremoni di Kuala Lumpur seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (6/5/2013).

Sementara itu, pemimpin oposisi Anwar Ibrahim menyerukan untuk menggelar aksi demo dua hari mendatang, guna memprotes kemenangan Barisan Nasional. Anwar menolak mengakui hasil pemilu tersebut. Menurut Anwar, pemilu kali ini merupakan kecurangan pemilihan paling buruk dalam sejarah negeri itu.

"Saya menyerukan warga Malaysia untuk bergandengan tangan dan mengungkapkan penolakan dan kebencian kita atas kecurangan pemilihan yang dilakukan Najib Razak dan Komisi Pemilihan Umum," seru Anwar dalam statemennya.

Aksi demo itu rencananya akan digelar pada Rabu, 8 Mei di stadion yang terletak di pinggiran ibukota Kuala Lumpur. "Pemerintah telah kehilangan legitimasinya," cetus Anwar seraya menyebut pemilu tersebut "kejahatan" terhadap warga Malaysia.

Barisan Nasional akhirnya tampil sebagai pemenang pemilu Malaysia setelah meraih 133 kursi parlemen sehingga mampu mengantarkan Najib sebagai perdana menteri keenam negeri Jiran itu.

Sedangkan, partai oposisi yang dipimpin Anwar mendapatkan 89 kursi di parlemen, atau bertambah sebanyak tujuh kursi dibanding pemilu 2008 silam. ( afp/dtc/ktc

Berita Lainnya

Index