Persib Akan Lepas Dzumafo Epandi

Persib Akan Lepas Dzumafo Epandi
Dzumafo Epandi. ( tribunnees.com/ktc )

JAKARTA - Persib Bandung  akan melepas penyerang asal Kamerun, Herman Dzumafo Epandi, pada jeda transfer yang dimulai hari ini hingga dua pekan mendatang. Hal  itu dilontarkan pelatih kepala Persib Bandung, Jajang Nurjaman.

"Saya melihat penampilan Dzumafo memang akhir-akhir ini menurun. Saya khawatir berlanjut. Saya menunggu kapan performa aslinya kembali, tapi tidak tahu kapan. Jadi saya sudah berbicara dengan  manajemen soal itu," kata Jajang Nurjaman, Jumat, 3 Mei 2013.

Namun Jajang masih enggan menyebut calon pengganti mantan penyerang PSPS Pekanbaru tersebut, termasuk kemungkinan mendatangkan penyerang sayap asal Persebaya Surabaya Andik Vermansah. Jika menilik dari posisi sama yang sering dimainkan dua pemain itu, maka Andik memang calon pengganti yang pas bagi Dzumafo. "Memang sempat ada wacana itu (merekrut Andik), tapi saya belum tahu kelanjutannya," kata Jajang lagi.

"Yang jelas akan ada satu atau dua pemain yang dilepas di jeda putaran pertama Liga Super Indonesia ini. Itu hasi evaluasi manajemen semalam," katanya, menambahkan.

Adapun mengenai permainan Persib secara umum di putaran pertama, Jajang mengaku cukup puas. Menurutya, Persib  bisa cepat bangkit, meski di awal liga sempat terseok-seok di papan tengah. "Saya merasa pencapaian di putaran pertama ini cukup bagus, meski permulaannya jelek, karena sempat berada di posisi ke-12 di klasemen. Mudah-mudahan perkembangan yang  bagus ini berlanjut," kata Jajang lagi.

Diakui oleh Jajang bahwa pada awal kompetisi dia mengalami  kesulitan karena Persib  diisi mayoritas  pemain baru. Menurut dia, butuh waktu untuk memadukan mereka. "Lama-lama para pemain  bisa padu dan permainan Persib meningkat," katanya lagi.

Saat ditanya mengenai pemain kunci yang mampu mengatrol permain tim berjulukan Maung Bandung itu, Jajang  dengan tegas menyebut Sergio van Dijk. Menurut dia, pemain keturunan Belanda itu membawa pengaruh positif kepada pemain lain di tim.

"Tidak bisa dipungkiri bahwa ia membawa pengaruh positif pada  tim," kata Jajang, memuji pemain yang menjalani debut di timnas ketika menjamu Arab Saudi itu. Van Dijk  sejauh ini telah mencetak 11 gol bersama Persib, meski tidak bergabung sejak awal kompetisi. Ia mampu beradaptasi dengan cepat bersama tim.

Secara umum pencapaian Persib musim ini memang terhitung baik. Saat ini persib berada di peringkat ke-4 klasemen sementara dengan 34 poin dari 17 laga. Mereka pun menjadi tim paling produkti, bersama dengan peringkat teratas  paruh musim Persipura. ( tempo.co/ktc )

Berita Lainnya

Index