Pengangkatan Guru Komite Menjadi Honor Diutamakan Sekolah Daerah Terpencil

Pengangkatan Guru Komite Menjadi  Honor Diutamakan Sekolah Daerah Terpencil
Logo PGRI. ( ktc )
TELUK KUANTAN - Bupat H Sukarmis akan mengangkat guru komite menjadi honor daerah. Guru komite yang akan diangkat menjadi honor daerah tersebut diutamakan bagi guru-guru yang mengajar di tempat jauh dan terpencil dan daerah perbatasan.
Hal tersebut dikatakan Sekda Kuansing Drs H Muharman, M.Pd diruang kerjanya, Rabu ( 1/5 ) lalu. " Sekarang akan dibentuk tim terdiri dari Inspektorat, Badan Kepegawaian Daerah dan Dinas Pendidikan dan instansi lainnyan untuk melakukan pendataan,"ujar Muharman.
Nantinya tim yang dibentuk tersebut akan melakukan pendataan secara langsun ke sekolah-sekolah yang ada di daerah terpencil, daerah jauh dan daerah perbatasan.
" Misalkan ke SMP yang ada di desa Pantai Pucuk Rantau dan Tanjung Pauh Singingi Hilir. Disekolah ini nanti tim akan mendata jumlah guru PNS dan komite, kalau jumlah guru PNS kurang sementara disana ada  guru komite maka akan langsung diangkat,"ujarnya.
Contohnya di SD  yang ada di desa Sungkai, disana ada 3 orang guru PNS, kalau jumlah guru ideal untuk SD 6, maka jika disekolah itu ada 3 orang guru komite akan langsung diangkat.
Jadi tegasnya lagi pengangkatan guru komite menjadi honor daerah ini akan diutamakan untuk sekolah-sekolah yang memang kekurangan guru, seperti di Pucuk Rantau, kawasan eks trans, Kuantan Hilir Seberang.
Mengenai persyaratan ujarnya, sesuai dengan keterangan Bupati minimal mereka sudah mengajar selama 3 tahun berturut-turut memiliki iajzah minimal D2 PGSD. Kalau untuk guru SD, tentu saja PGSD, tetapi untuk SMA dan SMK sesuai dengan spesifikasi mereka. Kalau di SMA dan SMK yang akan diangkat kekurangan guru bahasa Iindonesia sementara disana ada guru komite Bahasa Indonesia yang mengajar maka akan langsung diangkat.
Ditanya kapan tim akan bekerja melakukan pendataan ke lapangan menurut mantan  Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kuansing tersebut akan dilakukan setelah pelaksanaan UN tuntas. " Sekarang mereka para guru kan sedang konsentrasi untuk menyukseskan UN, mungkin bulan Juni paling cepat,"pungkasnya. ( isa )

Berita Lainnya

Index