Sahrul, S.Sos. ( isa )

1036 Hansip Pilgubri di Kuansing Bakal Diberi Pembekalan Pengamanan

Jumat,02 Mei 2013 - 05:52:00 WIB
Share Tweet Google +

TELUK KUANTAN - 1036 orang anggota pertahanan sipil (  Hansip ) yang akan bertugas mendukung pengamanan pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau ( Pilgubri ) September 2013 mendatang di Kuansing akan diberi pembekalan sebelum mereka melaksanakan tugas di lapangan.

Hal tersebut dikatakan Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan  Masyarakat ( Kesbangpolinmas ) Kuansing, Drs Firdaus Bahar melalui Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat, Sahrul, S.Sos diruang kerjanya, Kamis ( 2/5 )  siang.
"Jadi seluruh anggota Hansip di 15 kecamatan akan dilatih cara pengendalian massa terutama yang menjadi kewenangan mereka seperti di tempat pemungutan suara (  TPS ) dan kegiatan yang melibatkan mereka nantinya,"ujar Sahrul.
Namun sebutnya pelatihan akan dilaksanakan di 5 lokasi saja. Pertama Hansip yang ada di kecamatan Kuantan Tengah, Sentajo Raya dan Benai pada tanggal 13 Mei 2013 di  Teluk Kuantan. Kedua hansip di Kecamatan Singingi dan Singingi Hilir tanggal 16 mei 2013 di Muara Lembu.  ketiga Hansip yang ada di kecamatan Kuantan Mudik, Hulu  Kuantan, Gunung Toar dan Pucuk Rantau pada tanggal 20 Mei 2013 di Lubuk  Jambi. Keempat Hansip yang ada kecamatan Pangean, Logas Tanah Darat, Kuantan Hilir dan Kuantan Hili Seberang di Baserah.
" Kelima Hansip yang ada di kecamatan Inuman dan Cerenti pada tanggal 27 Mei 2013 di Cerenti,"ujarnya.
1036 Hansip tersebut ujarnya akan dilatih secara langsung oleh Polsek, terutama masalah olah tubuh dan tekni pengamanan yang menjadi tugas-tugas anggota  Hansip. " Kalau berdasarkan pengalaman, Hansip  banyak berperan saat proses pemungutan suara berlangsung mulai dari persiapan, pemungutan suara, penghitungan suara dan mengantar logsitik Pemilu ke kecamatan,"ujarnya.

Diharapkan melalui pelatihan ini nantinya, para Hansip yang bertugas itu memiliki kemampuan dalam melaksanakan fungsi dilapangan dalam menyukseskan agenda Pilgubri. ( isa )

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT