Istri & Anak Khadafi Dikabarkan Mengungsi ke Oman

Istri & Anak Khadafi Dikabarkan Mengungsi ke Oman
( afp/dtc/ktc )

Jakarta - Sepeninggal Muammar Khadafi, anggota keluarga diktator Libya tersebut terpaksa hidup mengungsi dan menjauh dari kampung halamannya. Yang terbaru dilaporkan, istri dan anak-anak Khadafi berpindah dari Aljazair menuju ke Oman untuk mencari tempat lebih aman.

"Sejumlah anggota keluarga telah pindah ke Oman," ujar Menteri Luar Negeri Libya Mohammed Abdelaziz seperti dilansir AFP, Selasa (26/3/2013).

Pernyataan Menlu Abdelaziz ini menanggapi laporan bahwa keluarga Khadafi sudah pindah dari pengungsiannya di Aljazair. Selama ini, keluarga mendiang Khadafi diketahui tinggal di Aljazair setelah melarikan diri dari Libya pada Agustus 2011 lalu.

Namun sayangnya, Abdelaziz tidak menjelaskan lebih lanjut alasan kepindahan keluarga Khadafi tersebut. Dia hanya menyatakan, pernyataan resmi dari tiga negara yang terlibat, yakni Libya, Aljazair dan Oman akan segera disampaikan kepada publik dan media.

Sementara itu, surat kabar lokal Oman, Al-Shabiba memberitakan bahwa sejumlah anggota keluarga Khadafi telah berada di Oman sejak Oktober 2012 lalu.

Surat kabar tersebut juga mengutip pernyataan kementerian luar negeri Oman yang enggan menggembor-gemborkan informasi soal keluarga Khadafi tersebut. Oman tidak ingin dianggap pamer karena disebut-sebut melakukan aksi kemanusiaan.

Setelah Tripoli berhasil diduduki pemberontak pada Agustus 2011 lalu, istri Khadafi, Safia bersama dengan kedua putranya, Hannibal dan Mohammed, dan putrinya Aisha mengungsi ke Aljazair.

Putra Khadafi lainnya, Saadi dilaporkan kabur ke Niger pada September 2011. Sedangkan ketiga putra Khadafi lainnya, yakni Mutassim, Saif al-Arab dan Khamis tewas di tangan pemberontak dalam tiga insiden terpisah.

Terakhir, putra Khadafi yang paling terkenal, Saif al-Islam berhasil ditangkap hidup-hidup pada November 2011 dan kini tengah menunggu proses persidangan di mahkamah internasional. Khadafi sendiri tewas di tangan pemberontak di kota kelahirannya Sirte, pada Oktober 2011 lalu.( afp/dtc/ktc )

Berita Lainnya

Index