Siklus 16 Tahun, Mampukah Dortmund Juarai Liga Champions?

Siklus 16 Tahun, Mampukah Dortmund Juarai Liga Champions?
( Getty Images/Lars Baron/Bongarts/dtc/ktc )

Madrid - Keberhasilan Borussia Dortmund melaju ke final Liga Champions seakan mengulang siklus yang terjadi 16 tahun lalu, yang berujung dengan trofi 'Si Kuping Besar'. Akankah Die Borussen mampu mengulanginya?

Kekalahan 0-2 dari Real Madrid di leg kedua semifinal Liga Champions, Rabu (1/5/2013) dinihari WIB tadi tak cukup menahan langkah mereka ke partai puncak kompetisi ini. Dortmund yang menang 4-1 di leg pertama lolos dengan keunggulan agregat 4-3.

Ini adalah final kedua Dortmund setelah yang pertama tahun 1997 di mana mereka jadi juara usai menaklukkan Juventus 3-1 di final. Ada benang lurus yang bisa ditarik antara kiprah Dortmund di musim itu dan sekarang.

Dortmund sama-sama melaju ke final Liga Champions usai menjuarai Bundesliga dua musim beruntun. Jika di era Matthias Sammer dkk, Dortmund berjaya di musim 1994/1995 dan 1995/1996, sementara di era Mario Goetze dkk mereka adalah kampiun liga jerman dari musim 2011 hingga 2012.

Kini apakah generasi baru Dortmund arahan Juergen Klopp mampu mengikuti jejak pasukan Otmar Hitzfeld kala itu? Sebagai catatan, Dortmund 16 tahun lalu dan yang sekarang pun hanya kalah sekali dalam perjalannya ke final.( dtc/ktc )

Berita Lainnya

Index