Positif Bertambah, Mahasiswa Relawan Covid-19 Koto Sentajo Imbau Warga Waspada

Kamis,25 Juni 2020 - 10:22:00 WIB

Mahasiswa Kukerta Relawan Covid-19 Koto Sentajo

SENTAJO RAYA - Terus bertambahnya jumlah pasien Positif Covif-19 di Kabupaten Kuantan Singingi ( Kuansing ) membuat Mahasiswa Kukerta , Relawan Covid-19 Unri Desa Koto turun langsung menghimbau masyarakat agarwaspada.

Koordinator Mahasiswa Kukerta Relawan Covid-19 Unri Desa Koto Sentajo, Dani Sagita kepada wartawan di Posko Relawan Covid-19 desa setempat, Rabu (24/6/2020) menuturkan, upaya mereka ini mengingat pasien Positif Covid-19 di terus bertambah bahkan satu orang diantaranya berasal dari Kecamatan Sentajo Raya.

Upaya mereka lakukan dengan mensosialisasikan pentingnya menjaga kebersihan, sering mencuci tangan dengan sabun saat menemui warga disana.

Sebab katanya menurut para pakar, 98 persen penyebaran penyakit bersumber dari tangan.

" Mencuci tangan hingga bersih menggunakan sabun dan air mengalir efektif membunuh kuman, bakteri, dan virus, termasuk virus Corona. Pentingnya menjaga kebersihan tangan membuat Anda memiliki risiko rendah terjangkit berbagai penyakit,"katanya.

Selain itu, mereka kembali mengingatkan warga menghindari kontak kulit seperti berjabat tangan yang mampu mencegah penyebaran virus Corona.

" Untuk saat ini menghindari kontak adalah cara terbaik.Tangan dan wajah bisa menjadi media penyebaran virus Corona,"ujarnya.

Lanjut dikatakan Sagita, semua warga harus mematuhi etika ketika bersin dan batuk. Satu di antara penyebaran virus Corona bisa melalui udara.

" Ketika Anda bersin dan batuk, tutup mulut dan hidung agar orang yang ada di sekitar tidak terpapar percikan kelenjar liur,"katanya.

" Lebih baik gunakan tisu ketika menutup mulut dan hidung ketika bersin atau batuk. Cuci tangan Anda hingga bersih menggunakan sabun agar tidak ada kuman, bakteri, dan virus yang tertinggal di tangan,"sambungnya.

Jika beraktivitas diluar rumah sarannya harus selalu memakai masker, menjaga jarak serta menghindari kontak langsung. Konsumsi gizi seimbang, serta mengganti baju mandi sesampainya dirumah setelah berpergian.

" Serta biasakan membersihkan dengan desinfektan secara rutin benda-benda yang sering disentuh dirumah dan perabot seperti meja, kursi, gagang pintu dan lainnya serta istirahat cukup,"katanya membeberkan materi sosialisasi yang mereka sampaikan pada warga.

Relawan Covid-19 Mahasiswa Unri Koto Sentajo juga memasang spanduk himbauan untuk warga demi memutus mata rantai penularan virus corona. ( mdy)