Bantuan Warga Terdampak Covid-19 Dari Pemkab Kuansing Tidak Cair Jelang Lebaran

Jumat,21 Mei 2020 - 03:34:00 WIB

Ilustrasi. Merdeka.com

TELUK KUANTAN - Bantuan warga untuk terdampak Covid-19 Pemkab Kuansing yang bersumber dari dana APBD Kuansing tidak dapat dicairkan menjelang hari raya Idul Fitri 1441 H atau 2020 Masehi ini.

Bantuan warga terdampak Covid-19 yang sedang diterima warga saat ini dikantor desa berasal dari dana Desa yakni bantuan langsung tunai ( BLT ) dana desa ( BLT- DD). Ada juga bantuan sosial tunai ( BST ) dan PKH di kantor Pos dan Giro serta bank yang ditunjuk.

Hal ini dikatakan Sekda Kuansing, Dianto Mampanini, Rabu ( 19/5/2020) saat dikonfirmasi wartawan.

" Nampaknya bantuan untuk warga terdampak Covid-19 dari APBD Kuansing tidak bisa disalurkan jelang hari raya Idul Fitri. Kemungkinan baru dapat disalurkan setelah lebaran,"katanya.

Sedangkan kendalanya tidak dapat disalurkan kata Dianto terkait masalah administrasi yang belum tuntas.

Sebelumnya Dianto dalam rapat bersama OPD  menyatakan, tidak seluruh warga penerima bantuan sumber dananya dari APBD Kuansing atau ditanggung Pemkab Kuansing.

Yang dtianggung Pemkab Kuansing katanya diluar penerima bantuan BLT-DD, bantuan sosial tunai ( BST ) dari Kemensos, Program keluarga harapan ( PKH ) dari Kemensos. Agar tidak terjadi over laping atau tumpang tindih.

Sementara itu Kaur Keuangan Pemda Kampung Baru Sentajo, Ependri mengakui saat ini mereka sedang menyalurkan BLT-DD yang bersumber dari dana desa.

" Kalau bantuan warga untuk terdampak Covid-19 dari Pemkab Kuansing belum ada "katanya.

Setahunya, selain BLT-DD dari dana desa yang sudah disalurkan, bantuan terdampak Covid-19 yang juga sudah disalurkan yakni bantuan sosial tunai ( BST ) dan program keluarga harapan ( PKH ) dari Kemensos RI.

" Kalau BST dan PKH disalurkan lewat Pos dan Giro atau bank. Kalau BLT - DD langsung dikantor Kades,"katanya. ( isa )