Diperkirakan Tender Proyek Dana DAK Fisik Sebesar Rp.72,8 M Bakal Dihentikan

Diperkirakan Tender Proyek Dana DAK Fisik Sebesar Rp.72,8 M Bakal Dihentikan
ilustrasi. foto : republikpos.com

TELUK KUANTAN – Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah ( BPKAD ) Kuantan Singingi ( Kuansing ), Riau memperkirakan sebesar Rp. 72,8 M ilyar kegiatan lelang dana alokasi khusus ( DAK ) Fisik tahun 2020 akan dihentikan menyusul permintaan Mentri Keuangan Sri Mulyani.

“ Surat dari Menkeu kan meminta lelang atau tender proyek dari dana DAK Fisik selain untuk bidang kesehatan dan pendidikan dihentikan,”ujar  Kepala BPKAD Kuansing, Hendra, Selasa ( 31/3/2020 )

Menurutnya total dana DAK Fisik sebelumnya mencapai 124,6 Milyar. Dari jumlah ini dana DAK Fisik untuk Bidang Pendidkan dan Kesehatan totalnya Rp.52,3 Milyar. Sedangkan dana DAK Fisik tanpa bidang kesehatan dan pendidikan mencapai Rp. 72,8  M.

“ Jadi yang akan dihentikan proses lelang proyek dari dana DAK Fisik sekitar Rp.72,8 Milyar,”ujarnya.

Dari Rp.72,8 M yang bakal dihentikan itu katanya sebenarnya bidang yang strategis juga. Seperti bidang jalan sebesar Rp.45,6 M, bidang irigasi (penugasan ) Rp. 6,7 M,  Bidang Pariwisata Rp. 3,4 M, Bidang Kelautan dan Perikanan Rp. 994,3 Juta, Bidang Pertanian Rp.1.4 M, Bidang Perumahan dan Permukiman Rp. 2,9 M.

Seterusnya bidang sanitasi yang terdiri dari sanitasi regular Rp. 2.4 M dan sanitasi penugasan Rp.1 M. Bidang air minum yang terdiri dari air minum regular Rp. 5.3 M dan air minum penugasan Rp.2,7 M. Bidang Sosial Rp 86 juta. ( isa )

Berita Lainnya

Index