Juara I dan II, Jalur Asal Nagori Bungo Setangkai Kuasai Pacu Jalur Tepian Narosa 2019

Selasa,26 Agustus 2019 - 04:20:00 WIB

Pahlawan Kuantan vs Limbago Sati

 

TELUKKUANTAN – Gelanggang pacu jalur tepian Narosa Teluk Kuantan, Kuantan Singingi, Riau memang bertuah.  Kadang jalur-jalur asal bagian hulu, kadang bagian hilir bahkan kadang Indragiri Hulu ( Inhu ) yang merajai dan berjaya .

Namun tahun ini stadion utamanya pacu jalur ini menjadi menjadi milik jalur-jalur asal Nagori Bungo Setangkai ( Sentajo, Benai dan Kopah). Suatu yang diluar prediksi melihat sunyi senyapnya prestasi jaur-jalur asal Bungo Setangkai selama ini.

Dua jalur asal nagori ini bahkan berhasil meraih juara pertama dan juara kedua, jalur Pahlawan Kuantan Cahaya Kuansing Pemuda Pancasila Kuansing 2019 dari desa Muaro Sentajo dan Limbago Sati Rantau Kuantan dari desa Kopah yang berakhir Minggu ( 25/8/2019).

Yang hebatnya kedua jalur ini sama-sama menanjak prestasinya tahun ini. Prestasi luar biasa tentu Pahlawan Kuantan Cahaya Kuansing, jalur yang baru turun mandi langsung menjadi juara diarena pacu jalur bergengsi ini. Bagi masyarakat Sentajo sendiri, keberhasilan Pahlawan Kuantan Cahaya Kuansing mengulang sukses jalur Hiduang Mancuang menjuarai pacu jalur tepian Narosa tahun 1937 atau 81 tahun yang silam.

Begitu juga Limbago Sati Rantau Kuantan selain juara dua di Narosa jalur kebanggaan warga Kenegerian Kopah ini tahun 2019 ini menjuarai dua rayon, rayon II dan IV.

Sebelum keduanya berprestasi gemilang, jalur asal nagori Bungo Setangkai yang eksis dan punya nama hanya Kahulu Jantan Danau Kompe dan desa Benai Kecil dan Sembilan Langkah Putri Samudra.

Partai final dua jalur nagori Bungo Setangkai ini benar-benar luar biasa. Sorak-sorai langsung bergemuruh saat mereka berpacu. Apalagi kekompakkan warga kedua kenegerian Sentajo dan Kopah sudah diketahui.

Laju atau tidak laju jalur yang mereka punyai, mereka tetap bersemangat memberi dukungan. Kemeriahan dukungan terlihat pengunjung karena lokasi kajang jalur mereka berdekatan.

Kedua pendukung bersorak, berjingkrak hingga berenang ke dalam sungai Kuantan membawa bendera memberi semangat bagi pemacu kesayangan mereka.

Bahkan ada yang tidak berani melihat akibat tidak kuat melihat hhasil akhir yang akan diperoleh. Semangat dan kemeriahan dukungan supporter ini bahkan menjadi tontonan menarik tersendiri bagi pengunjung.

Namun sejak meriam melotui ‘meletus’ dipancang start, jalur Pahlawan Kuantan Cahaya Kuansing sudah gass poll dan terlihat meninggalkan haluan Limbago Sati Rantau Kuantan.

Perpacua menjadi menarik karena selain gemuruh suara suporter fanatik dan penonton pacu menjadi istimewa karena banyaknya letusan kembang api disepanjang lintasan membuat situasi mendebarkan dan benar-benar meriah.

Akhirnya haluan jalur Pahlawan Kuantan Cahaya Kuansing yang ibarat komentator Dawis bayi dalam ayunan berhasil menang dan juara tahun ini. Sebelum meraih piala mentri pariwisata jalur ini diputaran pertama melawan jalur Palimo Olang Putie dan diputaran kedua melawan jalur Tuah Keramat Sialang Soko.

Hasil undian final segitiga, sang juara mendapat undian menunggu pemenang  hilir antara Limbago Sati Rantau Kuantan dan Panah Ombak Sutan Mudo. ( idi )

 

1. Pahlawan Kuantan Cahaya Kuansing/Muaro Sentajo/Sentajo Raya

2. Limbago Sati Rantau Kuantan/Kopah/Kuantan Tengah

3. Panah Ombak Sutan Mudo

4. Pangeran Hilir Rantau Kuantan/Teluk Pauh/Cerenti

5. Tuah Keramat Sialang Soko/Peranp Inhu

6. Bintang Emas Cahaya Intan/Tanjung/Hulu Kuantan

7. Buaya Kuning Keramat Dubalang Hitam/Redang Inhu

8. Lintang Jalang/Petapahan/Gunung Toar

9. Lilitan Upae Saghok/Inuman

10.Tuah Kalajengking Muda Indragiri/Kepala Pulau Inhu

11. Palimo Olang Putie/Sungai Alah/Hulu Kuantan