Jalur Unggulan Kuansing dan Inhu Masih Bertahan

Jumat,22 Agustus 2019 - 10:34:00 WIB

Pacu jalur 2019 hari pertama

TELUK KUANTAN - Hasil pacuan festival pacu jalur ( FPJ) tahun 2019 hari pertama, Kamis ( 22/8/2019) sebagian jalur-jalur unggulan asal Kuantan Singingi ( Kuansing) dan Indragiri Hulu ( Inhu ) masih bertahan dan melaju kehari kedua.

Namun satu jalur unggulan dari Kuansing Sang Ratu Helmina DPRD Kuansing dari Koto Kombu Hulu Kuantan dan Untung Bertuah dari Inhu harus pulang kandang lebih awal.

Sang Ratu Helmina jalur kebanggaan masyarakat Koto Kombu ini adalah peraih juara pertama rayon III Kuansing 2019 harus mengakui keunggulan jalur Putri Ayu Pematang Intan dari Pebaun Hulu Kuantan Mudik.

Sementara jalur Untung Bertuah dari Danau Baru Rengat Barat, Inhu yang merupakan juara di rayon II dan III Inhu tahun ini dikandaskan jalur saudaranya dari Inhu jalur Putri Bungsu Dubalang Hitam.

Kendati demikian, sejumlah jalur unggulan yang digadang-gadang bakal juara di Tepian Narosa berhasil melaju ke hari ketiga, putaran kedua, hari ini. Ada jalur sang juara bertahan, Siposan Rimbo Pemprov Riau dari Pauh Angit Pangean yang melaju. Disusul ada jalur Limbago Sati Rantau Kuantan dari Kopah Kuantan Tengah. Jalur juara rayon II dan IV ini masih terlalu tangguh bagi lawannya. Ada lagi sang juara rayon I Kuansing dan Inhu, Pangeran Hilir Rantau Kuantan. Jalur dari Teluk Pauh Cerenti ini juga melaju ke hari ketiga putaran kedua, 

Jalur unggulan lain yang belum terhadang adalah Palimo Olang Putie dari Sungai Ala Hulu Kuantan. Jalur sang juara uji coba di Gunung Toar ini juga melaju. Sedangkan jalur sang juara uji coba di Inhu, Buaya Kuning Keramat Dubalang Hitam dari Redang, juga melaju ke hari ketiga, hari ini.

Sebanyak 88 jalur dipastikan akan bersaing untuk menjadi yang tercepat di Tepian Narosa tahun ini. Jalur-jalur itu berasal dari Kuansing dan Inhu. Mereka akan berebut tiket untuk bisa melaju hari keempat.

Ketua Umum FPJ 2019, Ir Emmerson bersyukur pelaksanaan pacu jalur pada hari kedua, putaran pertama, kemarin, berjalan aman, lancar dan damai. Ke depan, Ia berharap semua pihak turut mensukseskan helat pacu jalur ini hingga selesai.

"Alhamdulillah. Pacu hari ini sukses. Tentu ini atas dukungan semua. Dan mari sama-sama kita mensukseskannya hingga akhir," harap Emmerson.

FPJ hari pertama diwarnai sorak-sorai bergemuruh para penonton ditepian Narosa Telukkuantan guna ensupport masing-masing jalur yang hilir tengah berpacu menjadi yang tercepat. ( mad )