15 Pengurus Perjalanan Wisata Malaysia Direncanakan Saksikan Pacu Jalur

Senin,12 Agustus 2019 - 12:55:00 WIB

Pacu Jalur

TELUK KUANTAN – 15 orang pengurus perjalanan wisata Malaysia rencananya akan mengunjungi kabupaten Kuantan Singingi ( Kuansing), Riau pada saat pacu jalur tradisional tepian Narosa Teluk Kuantan.

“ Kalau di Indonesia ada Asita atau asosiasi perjalanan wisata, kalau di Malaysia ada juga seperti Asita ini. Mereka Insya Allah akan ke Kuansing saat pacu jalur,”ujar Sekda Kuansing, Dianto Mampanini, dikediamannya belum lama ini.

Upaya mendatangkan pengurus perjalana wisata dari negeri Jiran tersebut kata Sekda agar mereka dapat melihat langsung kemeriahan pacu jalur dan kemudian mempromosikan dinegeri mereka, untuk menarik wisatawan Malaysia datang berkunjung ke Kuansing pada masa mendatang.

Dengan semakin dikenal pacu jalur di Malaysia lewat pengurus perjalanan wisata ini katanya, tradisi masyarakat Kuansing semakin dikenal disana. Apalagi sesama rumpun Melayu, banyak kesamaan masyarakat Kuansing dengan masyarakat disana yang menjadi salah satu faktor pendukung mengalirkan wisatawan dari Malaysia ke Kuansing kedepannya.

“ Kita melakukan berbagai upaya agar pacu jalur semakin dikenal masyarakat luar, baik luar Kuansing dan luar negeri, baik pemerintah, pegiat wisata dan masyarakat. Alhamdulillah antusias masyarakat Kita mempromosikan pacu jalur luar biasa termasuk objek wisata yang lainnya, ”harapnya.

Dalam mengembangkan pariwisata katanya, Pemkab juga mengembangkan wisata sejarah, tradisi, budaya, kuliner, objek wisata alam. Jadi dengan demikian semakin banyak alternatif pilihan saat datang ke Kuansing.  ( idi )