Kementrian PUPR Fasilitasi Mahasiswa TS-PWK UNIKS Dapat SKT Naker Konstruksi

Rabu,07 Agustus 2019 - 12:45:00 WIB

Mahasisaa Teknik Sipil dan PWK UNIKS saat observasi lapangan

TELUK KUANTAN – Universitas Islam Kuantan Singingi ( UNIKS ) terus meningkatkan kualitas mahasiswanya untuk bersaing dalam dunia kerja. Selama tiga hari sejak tangal 30 Juli hingga 1 Agustus lalu,  fakultas teknik Universitas Islam Kuantan Singingi (FT-UNIKS) melaksanakan kegiatan Bimtek dan uji sertifikasi kompetensi tenaga kerja konstruksi bagi mahasiswa dan alumni program studi teknik sipil dan program studi perencanaan wilayah dan kota (PWK) diaula FT UNIKS.

Kegiatan ini mendapat dukungan dari Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh, Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR. Selama mengikuti kegiatan ini, pada hari pertama peserta menerima pembekalan, hari kedua melakukan observasi kelokasi proyek dan hari ketiga mengikuti assement yang dilakukan assessor dari lembaga pengembagan jasa konstruksi (LPJK )

Irma Suryani, SE selaku ketua penyelenggara kegiatan dari Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan yang pertama dilaksanakan di Kabupaten Kuatan Singingi dan akan terus berlanjut kedepannya.

“ Bagi mahasiswa yang lulus assessment, akan mendapatkan surat keterangan terampil (SKT) tenaga kerja konstruksi yang diterbitkan LPJK,”ujarnya.

Menurutnya, kegiatan ini diikuti 86 mahasiswa dan alumni. Adapun subklasifikasi yang

dipilih dalam Bimtek dan ujis sertifkasi tenaga kerja konstruksi ini berupa

subklasifikasi pelaksana jalan dan subklasifikasi quantity surveyor.

Selanjutnya Rektor UNKS, Ir. Elfi Indrawanis, MM dalam sambutan sebelum membuka acara ini menyatakan, bahwa universitas yang dinakhodainya masih tergolong muda, tetapi kedepannya mereka bertekad menghasilkan sumber daya yang kompeten, beretika dan mampu bersaing di dunia kerja.

“ Artinya UNIKS mampu untuk bersaing dan memiliki kesempatan yang sama dengan universitas lain,”tegasnya.  

Elfi juga menyampaikan terima kasih kepada Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang telah memberikan kepercayaan kepada UNIKS khususnya fakultas teknik menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis dan fasilitasi uji sertifikasi tenaga kerjaKonstruksi.

Elfi juga meminta seluruh peserta mengikuti kegiatan ini dengan serius sehingga peserta lulus pada assessment yang dilakukan.Karena SKT Naker Konstruksi ini akan memberi manfaatnya banyak bagi mahasiswa teknik sipil dan PWK terjun kedunia kerja.

Hadir juga pada acara pembukaan itu Dekan FT UNIKS, Gusmulyani, ST, MT, ketua jurusan teknis sipil, PWK dan undangan lainnya. ( mad/rls )