Hotel Penunjang Sektor Pariwisata dan Kegiatan Konvensi

Minggu,16 Desember 2018 - 09:51:00 WIB

Air terjun tujuh tingkat Batang Koban Kuansing Riau

TELUK KUANTAN - Kehadiran hotel yang representatif menjadi salah satu penunjang kemajuan sektor pariwisata dan kegiatan konvensi yang berdampak pada ekonomi masyarakat.

Hal tersebut disampaikan anggota komisi C DPRD Kuansing, Jefri Antoni disela kunjungan kerja ke kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat belum lama ini.

" Di Batu Sangkar banyak hotel bahkan ada yang bertingkat 7 seperti Emersia Hotel,"ujarnya.

" Hotel ini sangat membantu Pemda dan masyarakat disana. Adanya hotel lamanya waktu kunjungan wisatawan meningkat. Dulu mungkin hanya singgah di Batu Sangkar dan menginap di Bukit Tinggi atau Padang sekarang sudah menginap di Batu Sangkar, efek ekonominya tentu ada dari tamu-tamu dan wisatawan yang datang menginap seperti pajak hotel dan restoran belum lagi bagi usaha kecil seperti rumah makan dan kerajinan,"cetusnya.

Bahkan akunya banyak kegiatan Pemkab dan Pemkot disekitar kabupaten Tanah Datar digelar di Emersia Hotel. Artinya usaha konvensi seperti pertemuan, rapat, pelatihan dan sejenis baik oleh pemerintah, perusahaan dan masyarakat menjadi berkembang pula dan meningkatkannya kunjungan ke daerah ini.

Oleh Sebab itu harapnya, Pemkab Kuansing saatnya memanfaatkan hotel Kuansing untuk menunjang pariwisata dan kegiatan Konvensi.

Sebagai daerah yang sedang membenahi pariwisata dan tingkat kunjungan wisatawan ke objek wisata yang ada di Kuansing tentu masih minim dan pihak swasta belum akan tertarik menanamkan usaha dibidang perhotelan di Kuansing.

" Peran Pemda lah untuk mendorong perkembangan pariwisata dan kegiatan Konvensi dengan memanfatkan hotel Kuansing ini sebagai stimulan sebelum sektor pariwisata Kuansing ,"ujarnya.

Menurutnya setiap orang yang berlibur atau mengikuti sebuah kegiatan konvesi butuh tempat yang nyaman dan aman untuk beristirahat dan melaksanakan kegiatan.

" Karena wisatawan dan peserta konvensi dari luar yang telah menempuh perjalanan jauh tentu butuh tempat yang nyaman. Kalau tidak mereka tentu balik hari,"ujarnya.( isa )