Nasib Petani, Harga Jatuh, Ikan Luar Banjiri Pasar Kuansing

Senin,08 Oktober 2018 - 01:14:00 WIB

Ikan nila

TELUK KUANTAN - Nasib memiriskan dialami petani ikan di Kuansing. Ditengah harga jual yang masih anjlok, tekanan bertambah akibat derasnya ikan luar masuk membanjiri pasaran Kuansing.

Harga ikan nila produksi petani lokal di Kuansing misalnya, harganya tidak beranjak dari angka Rp.18 ribu perkilogram.

Padahal idealnya menurut ketua koperasi mitra insang teladan ( KOMIT), Nerdi Wantomes, Senin ( 8/10/2018) harga jual ikan nila Rp.20 ribu keatas.

" Baru masuk kalau harga jual nila lebih dari Rp.20 ribu. Karena harga pakan sudah mencapai 290 ribu perkarung,"ujarnya.

" Ikan nila Kuansing harus bersaing pula dengan ikan nila dari Maninjau Sumbar yang banyak masuk dengan harga bersaing,"lanjutnya.

Harga ikan nila dari Maninjau harganya memang bisa bersaing. Karena mereka menang diongkos panen. Pasalnya mereka memeliharan ikan nila dalam kerambah.

" Kalau dalam.kerambah ongkos panen murah, karena tinggal angkat dari atas kerambah. Sementara petani Kuansing terlebih dahulu harus mengeringkan kolam. Ini tentu menambah biaya pula"terangnya.

Keuntungan lain memelihara ikan nila dalam kerambah katanya, angka kematian ikan berkurang. Sebab setelah diangkat dari kerambah ikan langsung bisa dimasukkan dalam kantong plastik berisi oksigen dan dibawa kepasaran atau konsumen.

" Daya tahan ikan dalam kantong plastik hanya 8 jam. Maka ikan dari Maninjau bisa segar saat sampai dipasaran,"katanya.

Sedangkan kolam ikan di Kuansing rata-rata didaratan. Kalau panen harus mengeringkan kolam terlebih dahulu, dan ini menambah biaya lagi. Saat panen di Kuansing ikan juga banyak mati baik saat ditangkap maupun dimasukan dalam wadah seperti ember atau saat dibawa kerumah.

Sebab rata-rata kolam ikan di Kuansing jauh dari tempat tinggal petani dan ini lagi-lagi menambah biaya.

" Ikan yang mati mengurangi keuntungan petani. Karena biaya produksi yang tinggi harga jual ikan tidak bersaing. Sedangkan harga ikan nila Maninjau bisa bersaing diharga Rp 16 ribu,"katanya.

Oleh sebab itu teknik penanganan panen harus diberikan kepada petani ikan oleh dinas terkait. ( mad )