Cegah Lahan Semakin Gersang Camat Pucuk Rantau Gelorakan Tanam Pohon

Sabtu,28 Juli 2018 - 12:20:00 WIB

Camat Herman Susilo, Upika, Kepsek dan perangkat desa usai menanam

TELUK KUANTAN - Prihatin akan lahan yang semakin gersang dan tandus , Camat Pucuk Rantau, Herman Susilo menggelorakan penanaman pohon ditengah-tengah masyarakatnya. Rencananya seluruh desa dikecamatan ini akan melaksanakan penanaman pohon.

Untuk tahap awal bekerjasama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Riau, melakukan penanaman pohon. Tidak kurang dari 1.500 pohon dari berbagai jenis ditanam oleh Pihak Kecamatan, dan Cabang Dinas Kehutanan Kuantan Singingi Provinsi Riau didesa Perhentian Sungkai yang berbatasan dengan desa Padang Lawas kabupaten Dhamasraya.

" Sebanyak 1.500 berbagai jenis pohon kita tanam, bersama aparat Pemerintah Kecamatan, Dinas Kehutanan (Marjali), Upika, Pemerintah Desa, Pihak Sekolah dan masyarakat," ungkap Herman Susilo, Sabtu (28/7).

Menurutnya, tujuan penanaman pohon ini, menghijaukan lahan pekarangan atau lokasi yang pernah ditanami kelapa sawit .

"  Pohon yang ditanam ini bukan hanya sebagai pelindung, akan tetapi ada buahnya juga. Jadi kita tidak asal menanam pohon begitu saja, akan tetapi juga menjadikan lingkungan yang bersih, asri dan juga menghasilkan (buahnya bisa dinikmati oleh masyarakat)," jelasnya.

Untuk lokasi penanaman pohon ini, memang diutamakan di kawasan perbatasan antara Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau, dengan Kabupaten Dgamasraya Provinsi Sumatera Barat.

  " Kita juga melakukan penanaman di kiri-kanan jalan Desa Perhentian Sungkai, termasuk halaman Kantor Desa, Sekolah SD dan SMPN 3 Pucuk Rantau," tambahnya.

Lanjut Herman Susilo, jika jumlah pohon semakin banyak maka suasana gerah dan panas dapat dikurangi dinasa mendatang sekaligus sebagai penyerap air dan pendukung daya dukung lingkungan.

" Banyak manfaat pohon untuk kehidupan Kita dan anak cucu kelak. Disetiap desa di Pucuk Rantau  Kita imbau melakukan penanaman pohon. Kedepan kawasan Pucuk Rantau dapat tetap asri dan sejuk dengan banyaknya pohon,"pungkasnya. ( rls )