Padahal Penghasil Minyak Tetapi Harga Pertalite di Sumbar Murah Dibandingkan di Riau

Selasa,23 Januari 2018 - 10:35:00 WIB

OkeZone.Com

TELUK KUANTAN - Untuk harga bahan bakar minyak( BBM) jenis Pertalite terdapat perbedaan harga antara yang dijual di provinsi Sumatera Barat dibandingkan di Riau. Hal ini menjadi pertanyaan masyarakat, harusnya sebagai daerah penghasil minyak, justru harga Pertalite di Riau lebih murah dari daerah lain.

Harga jual Pertalite di Riau disetiap SPBU rata-rata berkisar Rp.7.900 perliter. Sementara di Sumatera Barat harganya rata-rata Rp.7.500 sampai dengan Rp.7.600 per liter. Terjadi perbedaan sekitar Rp.350 perliter antara harga Petalite di Sumber dibandingkan di Riau. Kondisi ini selain menimbulkan pertanyaan juga membuat beban warga, sebab minimal seharusnya sama dengan harga jual Pertalite di Sumatera Barat.

" Saya baru saja beberapa waktu lalu ke Sumbar, disana harga Pertalite Rp.7.550 per liter. Lebih murah Rp.350 dibandingkan di Riau yang Rp.7.900 perliter,"ujar Eli .

" Kalau premium harganya sama dengan di Riau,'tambahnya.

Karena harganya tidak terlalu mahal saat itu katanya, dirinya dan keluarga membeli Pertalite. Karena Pertalite lebih bagus untuk kenderaan. " Tidak jauh beda dengan harga premium saat itu, maka beli Pertalite,harusnya sama dengan di Sumbar agar dapat membantu warga,"ujarnya.

Sementara itu dikutip dari TribuneNews Pekanbaru atas komentar Asisten II Setdaprov Riau, tingginya harga jual Pertalite di Riau tidak terlepas dari diberlakukannya Perda Provinsi Riau Nomor 4 Tahun 2015 Menerapkan Pajak Daerah Tentang Pajak Bahan Bakar pada nilai maksimal sesuai UU yakni 10 persen. ( isa )