Warga Kuansing Harapkan Gubri Kedepan Peduli Pacu Jalur

Kamis,17 Januari 2018 - 12:29:00 WIB

pacu jalur

TELUK KUANTAN - Warga Kuantan Singingi ( Kuansing ) mengharapkan Gubermur Riau (,Gubri ) kedepan menunjukkan kepedulian yang nyata terhadap pelestarian dan kemeriahan pacu jalur.

 

" Bukan hanya menghadiri lalu pergi tetapi benar-benar nyata membantu panitia,  jalur dan promosi serta upaya membesarkan pacu jalur,"ujar salah seorang warga Kuansing, Sandi.

Menurutnya hal seperti itu pernah dirasakan pada masa Gubri dijabat H Anas Ma'amun. Tahun 2014 setiap jalur dibantu Rp.2 juta. Tahun 2015 bertambah jadi Rp. 5 Juta dan juga Anas Ma'amun berupaya pacu jalur diikuti  negara-negara Asean.

" Namun untuk bantuan Rp. 5 juta  urung disalurkan karena Anas Ma'amun tersandung masalah hukum. Terlepas dari segala kelebihan dan kekurangan Anas Ma'amun Ia peduli dengan budaya kebanggaan masyarakat Kuansing,"ujarnya.

" Setelah itu tidak ada lagi bantuan,"ujarnya.

Menurutnya warga sangat apresiasi dengan perhatian Anas Ma'amun tersebut. Karena penyelenggaraan pacu jalur baik oleh panitia dan pengurus jalur membutuhkan dana.

" Bagi pengurus jalur apalagi, dana itu membantu sekali untuk membawa jalur kearena dan memgembalikan jalur kembali ke desa serta untuk biaya makan dan minum pemacu dan pengurus,"ujarnya.

" Ya mudah-mudahan nanti Gubri terpilih peduli pacu jalur budaya kebanggaan masyarakat Kuansing ini,"ujarnya.

Disamping peduli pacu jalur ujarnya semasa Anas Ma'amun juga mengalokasikan dana APBD Riau untuk Kuansing dengan nilai besar antara Rp. 250 M hingga Rp.320 M.

Hal sama dikatakan Siam. Untuk kepedulian terhadap budaya pacu jalur sosok Anas Ma'amun perlu ditiru. Pikiran dan tindakannya sederhana dan mengena pada masyarakat.

" Contoh dia memberi bantuan untuk jalur itu wujud pemimpin yang merasakan bagaimana susahnya masyarakat membawa jalur ke gelanggang,"tutupnya. ( isa )