Jadikan Teluk Kuantan Kota Wisata, Hutan Kota Perlu Ditambah

Sabtu,17 November 2017 - 07:21:00 WIB

Hutan kota kompleks Pemda Kuansing yang asri

TELUK KUANTAN – Kabupaten Kuantan Singingi ( Kuansing ) bertekad menjadi daerah tujuan wisata . Untuk menciptakan rasa nyaman bagi pengunjung, jumlah dan luas hutan kota di kota Teluk Kuantan sebagai gerbang kabupaten perlu diperbanyak.

Saat ini kota Teluk Kuantan baru memiliki dua hutan kota, yakni dikawasan kompleks Pemda dan  di Pulau Bungin. Sedangkan potensi hutan kota lainnya dikawasan sport centre dan areah belakang hotel Kuansing.

Diluar itu, Pemkab sebaiknya harus menambah hutan kota untuk menciptakan suasana kota yang asri, sejuk dan hijau. Salah satu potensinya kawasan antara gedung DRPD Kuansing dan Polres Kuansing.

Areal yang berbukit-bukit dengan hutan yang terpelihara akan menjadi salah satu nilai tambah kota Teluk Kuantan dimasa yang akan datang dan salah satu penunjang pariwisata. Disaat kota lain berkembang dengan bangunan yang membuat gersang, kota Teluk Kuantan berkembang dengan keberadaan dan mempertahankan hutan yang terpelihara sebagai sumber air, penyerap debu, kawasan fauna dan pendukung daya tahan lingkungan.

Menurut anggota DPRD Kuansing, Rosi Atali belum lama ini, untuk menjadi daerah tujuan wisatawan tidak semata membenahi sarana dan prasarana objek wisata. Membuat kota yang aman, asri, sejuk dan hijau juga penting. Karena pelancong pada umumnya selain mengunjungi objek wisata juga ingin rehat dan melepas keletihan bathin dan pikiran dengan beristirahat disebuah kota yang nyaman, aman, asri dan sejuk.

“ Contoh Batam banyak kawasan hutan yang membuat kota itu sungguh enak dilihat, Teluk Kuantan bisa sepeti itu karena topografinya berbukit dan jika ada penambahan kawasan hutan akan menambah ciri khas kota madani atau kota yang menjadikan pelestarian lingkungan sebagai salah satu tujuannya,”ujarnya.

Manfaat hutan kota ujarnya sudah sangat terasa. Semakin banyak warga beraktifitas baik olahraga dan santai dikawasan hutan kota Kompleks Pemda dan hutan kota Pulau Bungin. Bahkan orang sekarang dapat melihata suasana sebuah hutan dengan mengunjungi kompleks Pemda Kuansing.

“ Damai hati Kita kalau melihat banyaknya kawasan hutan yang terpelihata. Hutan kota perlu ditambah dan diperluas, areal-areal perbukitan sebaiknya dibebaskan dan dijadikan kawasan hutan kota untuk menunjang Teluk Kuantan sebagai kota wisata,”ujarnya. ( isa )