Kampus Uniks dan Sport Centre Bisa Jadi Penggerak Ekonomi kota Teluk Kuantan

Minggu,29 Oktober 2017 - 08:12:00 WIB

Kampus UNIKS dimalam hari. ( ktc )

TELUK KUANTAN – Keberadaan bangunan Kuansing Sport Centre ( KSC ) dan kampus baru Universitas  Islam Kuantan Singingi ( UNIKS ), dapat menjadik penggerak ekonomi masyarakat sekitarnya jika difungsikan oleh pemerintah daerah.

Hal tersebut dikatakan anggota DPRD Kuansing, Rustam Efendi , Kamis ( 26/10/2017 ) lalu. “ Saya melihat langsung sport centre, setiap pagi dan sore ramai apalagi hari libur banyak warga berolahraga, ini peluang  untuk menggerakan ekonomi jika dikelola dengan baik,”ujarnya.

Didaerah lain ujarnya, pemerintah daerah yang mengelola stadion dengan baik menjadi salah satu sumber PAD.  Dengan ramainya orang berolahraga maka peluang parkir dan pajak kebersihan dari pedagang dan lembaga yang menyewa stadion untuk berbagai kegiatan dapat menciptakan peluang usaha dan PAD.

“ Saya saran seluruh pengurus cabang olahraga sudah berkantor disana, kan ruangannya sudah disediakan.  Kemudian didalam APBD, pemerintah daerah menganggarkan dana untuk kegiatan olahraga yang menggunakan sport centre.  Misalnya dana untuk kejuaran olahraga antar mahasiswa dan pelajar diberbagai bidang seperti sepak bola, atletik dan yang lainnya untuk tingkat provinsi Riau,”ujarnya.

Tidak hanya itu, tegasnya, Pemkab jika perlu merebut peluang menjadi tuan rumah Kejurda berbagai cabang olahraga se-Riau dan Sumatera bahkan ivent nasional untuk dilaksanakan di Kuansing, baik yang dilaksanakan pemerintah ataupun swasta.

Dengan demikian tambahnya orang datang ke stadion dan ke Kuansing dari seluruh Riau sehingga usaha hotel, restoran dan transportasi menggeliat di Teluk Kuantan.  Upaya merebut menjadi tuan rumah Kejurda berbagai cabang olahraga untuk menjadi stimulan atau pendorong berkembangnya sektor olahraga.

“ Para atlit yang bertanding nantinya dapat diarahkan ke objek-objek wisata yang ada setelah  mereka bertanding untuk refreshing. Jadi saling terkait ,”ujarnya.

Begitu juga  dengan kampus baru Uniks, menurutnya jika sudah diselesaikan harus segera difungsikan. “ Saya gembira kampus sudah diperbaiki kontraktor, kalau sudah siap harus difungsikan,”jarnya.

Ia meyakini jika UNIKS berada dikampus baru maka minat mahasiwa kuliah akan tinggi, karena tingkat kepercayaan diri mereka dan orang tua menjadi besar dengan kampus yang megah.

“ Kita targetkan pelajar dari kabupaten tetangga seperti Dhamasraya, Sijunjung, Inhu dan Kampar serta Pelalawan bahkan Inhil kuliah di Uniks. Kalau mereka kesini, maka usaha kos, laundri, rumah makan, warnet, transportasi akan menggeliat pula seperti halnya di Yogyakarta dan Bandung serta kota pendidikan lainnya,”ujarnya.

Menurut Rustam, untuk SDM  pengajar Kuansing sudah terkenal di Riau, dan orang tua siswa tidak akan ragu mengirimkan anaknya kuliah ke Kuansing jika UNIKS menempat gedung baru. Dengan kampus baru tambahnya, maka upaya meningkatkan akreditasi  UNIKS juga akan lebih mudah.

Kalau kegiatan –kegiatan disport centre sudah berjalan dan Uniks sudah maju makan orang yang datang ke Kuansing memerlukan hotel,  dengan demikian hotel Kuansing akan  bermanfaat. Apalagi kalau  sekor pariwisata dan even organizer serta hiburan di Kuansing sudah menggeliat,  maka fungsi hotel akan terasa

 “ Sejak awal untuk mengerakan ekonomi kota Teluk Kuantan diharapkan dari mengeliatnya sektor pendidikan, olahraga, pariwisata dan hiburan. Karena dari industri tidak mungkin. Makanya bangunan sport centre, kampus Uniks dan hotel itu didesain untuk mendukung hal itu. Tetapi sekarang bagaimana mendesain untuk memfungsikannya dalam bentuk program dan bantuan dana kepada para pelaku bidang pendidikan, olahraga, pariwisata dan industri hiburan serta organizer agar  mereka dapat bergerak memanfaatkan fasilitas yang telah dibangun ini,”ujar Rstam. ( isa )