Hadirkan Kenyamanan, Sungai Kota Teluk Kuantan Harus Ditata dan Dibersihkan

Senin,23 Oktober 2017 - 11:01:00 WIB

Sungai Senambek yang tercemar limbah PETI.( ktc )

TELUK KUANTAN – Untuk mendukung kota Teluk Kuantan menjadi kota wisata, kenyamanan lingkungan perlu menjadi perhatian salah satunya penataan dan pembersihan sungai-sungai dalam kota sejak sekarang.

Di kota Teluk Kuantan sendiri terdapat sejumlah sungai-sungai salah satunya sungai yang mengalir sejak dari kelurahan Sungai Jering, kelurahan Simpang Tiga dan desa Koto Taluk hingga mengalir ke sungai Kuantan. Begitu juga sungai dari kawasan Senambek kelurahan Sungai Jering menuju desa Beringin.

Namun dua sungai tersebut saat ini masih tercemar, baik oleh limbah penambangan emas tanpa izin ( PETI ) terutama sungai di Senambek ke desa Beringin. Sementara sungai Kelurahan Sungai Jering Teluk Kuantan, Simpang Tiga dan desa Koto Taluk tercemar limbah rumah tangga. Akibatnya kondisi kedua sungai ini memprihatikan karena kotor dan berbau.

Padahal sungai-sungai yang bersih dan terawat menjadi salah satu faktor pendukung kenyamanan warga dan keindahan kota. Penataan dengan membangun turap dan penanaman pohon disepanjang sungai dan pembangunan jalan dikedua sisi sungai agar tidak ada bangunan yang membelakangi sungai.

Kadis Lingkungan Hidup, Japrinaldi belum lama ini mengaku kondisi sungai juga menjadi perhatian namun belum dapat maksimal karena keterbatasan petugas kebersihan. Petugas kebersihan fokus kepada jalan dan lingkungan.

Namun untuk sungai ujarnya sekali dalam enam bulan dilakukan pembersihan terutama disungai yang mengalir dari Sungai Jering, Simpang Tiga dan Teluk Kuantan. Kalau petugas kebersihan banyak, bisa dilakukan seperti di Jakarta, ada yang khusus menangani masalah kebersihan sungai.

Mengenai penataan fisik seperti turap dan jalan disekitar sungai menjadi kewenangan instansi lain Tetapi menurutnya memang perlu rencana pengembangan kawasan sungai.

“ Kita juga ingin sungai-sungai bersih dari sampah dan lumpur sehingga nyaman. Misalnya bisa menjadi tempat rekreasi, mancing dan santai,”ujarny.( isa )