Khairul Ikhsan Chaniago : KPU Kuansing Harus Profesional Rekrut PPK

Minggu,22 Oktober 2017 - 12:21:00 WIB

Khairul Ikhsan Chaniago. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) kabupaten Kuantan Singingi ( Kuansing ) telah selesai mengumumkan hasil penelitian administrasi panitia pemilihan kecamatan ( PPK ) . Meski dalam hal rekrutmen PPK ini,  KPU perlu kehati-hatian agar hasil rekrutmen nanti  benar-benar terarah dan sesuai aturan.

Hal tersebut diingatkan aktitfis Pospera Kuansing, Khairul Ikhsan Chaniago, Sabtu21/10/2017 ). Dia mengingatkan KPU Kuansing, agar berhati-hati dalam rekrutmen ini terutama persyaratan bagi yang telah pernah menjadi PPK dua periode.

Sebab ujarnya, dalam aturan KPU tersebut, di jelaskan bahwa anggota PPK dan PPS yang telah dua periode tidak di perbolehkan untuk mendaptar kembali. Apalagi kalau anggota tersebut telah menjabat dua kali periode pertama di mulai tahun 2005 hingga tahun 2009, periode kedua di mulai dari tahun 2010 hingga tahun 2014.

“ Dalam hal ini Kita ingatkan pihak panitia harus jeli dan transparan dalam pemeriksaan hasil tertulis dan seleksi wawancara calon anggota PPK dan PPS. Mengingat kalau ada calon anggota PPK yang sudah pernah menjabat sangat tidak etis dan seyogianya wajib di blacklist,”ujarnya.

“ Kita ingatkan ketua KPU Kuansing dan panitia seleksi harus independen dan jeli dalam memeriksa berkas anggota peserta. Kita mendengar dan menduga yang mendaftar ini mengandalkan orang dalam. Ketua KPU jangan coba main main disini. Pernyataan kita ini bertujuan agar jangan terlalu banyak dusta di antara kita,”tambah Khairul Ikhsan.

Khairul mengingatkan, panitia seleksi betul-betul jeli dalam melakukan tugasnya selaku tim panitia seleksi calon anggota PPK dan kalau ada didapati anggota lama mendaptar kembali, wajib di tolak.

“ Hal ini menurut kita sangat merugikan warga Kuansing yang hendak berpartisipasi dalam susunan panitia pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau karena panitia harus mengedepankan nilai-nilai hasil seleksi tes tertulis,”pungkasnya. ( rls)