Desa di Kuansing Dilengkapi Internet Canggih, Bupati : Gunakan Untuk Masyarakat

Senin,31 Juli 2017 - 10:48:00 WIB

Bupati H Mursini menyaksikan penandatanganan MoU. (,snc )

TELUK KUANTAN - Seluruh desa di Kuansing bakal dilengkapi fasilitas internet canggih.  Fasilitas tersebut dapat digunakan perangkat desa dan masyarakat.

 

Keberadaan fasilitas canggih ini digagas dan dituangkan dalam kerjasama antara PT.Indonesia Comment Plus ( Icon+ ) dengan seluruh desa yang ada di Kuansing. Senin ( 31/7/2017) diaula SMA Pintar dilakukan penandatangan kerjasama kedua belah pihak yang disaksikan Bupati Kuansing, H Mursini.

Dalam sambutannya, Bupati Mursini mengajak seluruh pemerintahan desa, kelurahan serta OPD agar senantiasa berinisiatif menggunakan teknologi serta memanfaatkan fasilitas Informasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Adanya internet desa pintar ini kata Bupati juga  dapat memperpendek kerja birokrasi yang menyangkut dengan kebutuhan masyarakat dan dilakukan secara online seperti pembuatan Kartu Keluarga (KK), KTP, SKCK, Akte Lahir dan lain.

Tidak hanya itu lanjutnya, internet desa pintar dapat mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pemerintah desa dalam mengolah alokasi dana desa.

Sementara itu  GM SBU Pekanbaru di PT.Indonesia Comment Plus (Icon+), Irawan Hernanda mengatakan, perusahaan mereka sebagai anak PLN persero, dan berbasis jaringan Telekomunikasi berbasis Fiber Optic (FO)  merupakan salah satu terbesar diseluruh Indonesia.

Ia menambahkan, kabel FO ini khusus di wilayah Sumatera sudah mencakup seluruh kota-kota besar termasuk Provinsi Riau termasuk Kuansing ini.

Menurutnya,  melalui program internet desa pintar maka semua desa yang ada di Kabupaten Kuansing akan terhubung dengan Internet, dengan harapan masyarakat lebih berkembang dan lebih maju dengan informasi yang up date dengan Internet disetiap Desa.

Kemudian bebernya yang menjadi bagian dari program internet desa pintar ini, pertama jaringan internet berkecepatan tinggi,dengan media Fiber Optik (FO) diseluruh desa yang dilengkapi dengan Hotspot dan Wifi. Kedua, pembuatan Website diseluruh desa,  sebagai media untuk promosi profil masing-masing desa.( rls )