Ke Teluk Kuantan, Jangan Lupa Nikmati Kopi Conti Yang Menggugah Selera Itu

Sabtu,18 Februari 2017 - 10:50:00 WIB

Kopi Conti yang kental dan rasanya khas tersebut. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Teluk Kuantan sebagai ibukota kabupaten Kuantan Singingi ( Kuansing ) , Riau tidak hanya populer karena tradisi pacu jalur dan persinggahan sebelum menuju objek wisata alam menarik di daerah ini. Kota ini juga menyimpan potensi kuliner yang sangat banyak.

Jika malam sudah menjelang, maka kafe-kafe nan indah dan menarik bergaya nan orisinil segera menggeliat menampung orang yang ingin kongkow bersama kerabat dan orang tersayang sambil menikmati aneka makanan dan minuman yang dijajakan diselingi lingkungan yang masih asri dan hijau.

Kemeriahan akan segera terlihat disejumlah kafe dan resto seperti Zona Caffe, Kodai Topi Sawah, Indiya Kuliner, Cafe Bridge, Kafe Bonar, Family Cafe, MM Resto dan Basit Kafe serta Kedai Tokra ( Tongkongan Rakyat ). Begitu juga di Pujasera komplek Terminal Angkot dan Angpedes didekat lapangan Limuno dan taman jalur Teluk Kuantan. Untuk urusan kuliner malam hari, Teluk Kuantan salah satu surganya. Mulai dari harga pas-pasan hingga tarif tinggi.

Tapi satu yang perlu diketahui terutama pecandu kopi hitam, kota jalur ini menyimpan kopi yang sangat menggugah selera, yakni kopi Conti. Kopi Conti sebenarnya berasal dari Kopi Cerenti salah satu kecamatan di Kuansing yang berada dekat perbatasan dengan kabupaten Indragiri Hulu ( Inhu ). Namun masyarakat sering menyebut Cerenti dengan Conti ( disingkat), sehingga kopi asal kecamatan ini populer menjadi kopi Conti.

Wahyu Kurniawan, SH, Kasie Pidana Umum Kejari Teluk Kuantan salah satu yang merasakan betapa nikmatnya kopi Conti tersebut. Pria asal Pekanbaru tersebut mengaku, kopi ini begitu nikmat, sama halnya dengan kopi Aceh yang tidak membuat eneg di perut.

" Mau minum tanpa dicampur susu atau krem tetap enak, dalam sepekan pasti nikmati Kopi Conti hehe,"ujarnya sambil tersenyum.

Begitu juga dengan Kepala UPT Pendapatan Provinsi Riau di Teluk Kuantan, Raja Mustaqim. " Nikmat kali kopinya, ketagihan terus,"ujar Raja Mustaqim yang sering menikmatinya bersama staf.

Begitu juga dengan Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional ( BPN ) Kuansing, Miswandi Ali. " Pas nagih kopi sama kawan-kawan lain cari Kopi Conti di NF Kafe sambil sarapan,"ujarnya.

Bagi anda yang ingin merasakan sensasi kopi Conti ini, dapat mengunjungi NF Kafe. Letaknya disamping TK Pembina dijalan Sungari Jering - Teluk Kuantan tak jauh dari lokasi kampus UNIKS yang baru. Kafe ini salah satu yang menyediakan kopi Conti.

NF Kafe berada diareal yang luas dengan parkir memadai. Selain kafe, diareal ini ada cuci mobil dan sepeda motor serta lapangan futsal. Menikmati seruput kopi yang enak tersebut dapat dilakukan sambil menunggu kenderaan usai dicuci dan bermain futsal. Salah sebab yang membuat orang mendatangi kafe ini karena kopi Conti itu.

Menurut Moman pengelola NF Kafe, kopi Conti bahannya memang berasal dari Cerenti. Diambil dari kopi-kopi masyarakat yang ada di daerah tersebut. Lalu diolah secara tradisional tanpa campuran, sehingga rasanya begitu asli. Menurutnya selain kopi Conti, mereka juga menjual bakpia Conti yang juga enak.

" Bakpia Conti itu ada pula khasnya, kalau biasanya agak keras, Bakpia Conti agak lunak, kalau istilah lokal lunaknya seperti kue Semprit hehe,"ujarnya. ( isa )