Kuansing Sudah Over Kapasitas soal PKS

Kuansing Sudah Over Kapasitas soal PKS
Salah satu PKS di Kuansing. ( ktc )

TELUK KUANTAN - Saat ini jumlah pabrik pengolahan kelapa sawit ( PKS ) sudah over capacity untuk Kuansing. Pasalnya jumlah PKS yang ada di Kuansing sudah mencapai 28 buah dan tersebar diseluruh Kuansing.
" Untuk PKS Kuansing sudah over capacity, karena jumlahnya sudah mencapai 28 buah,"ujar Kepala Badan Pelayanan Terpadu dan Penanaman Modal ( BTPM ) Kuansing, Asnul melalui Kepala Bidang Perizinan, Herry Yusman, saat dikonfirmasi wartawan, Kamis ( 3/3/2016 ) kemaren di Teluk Kuantab.
" Bahkan Kita sudah diwarning oleh Dinas Perkebunan Provinsi Riau, itu disampaikan Kadisbun Kuansing kepada Kita,"ujarnya.
Menurut Herri, hasil kajian dari Dinas Perkebunan Kuansing tentu akan menjadi pertimbangan. Karena jumlah PKS tentu didasarkan dengan jumlah lahan kelapa sawit yang ada di Kuansing.
" Bagaimana agar PKS yang ada sekarang, tetap berjalan sesuai prinsip ekonomis,"ujarnya menambahkan.
Walaupun secara usaha semakin banyak PKS maka akan semakin menguntungkan bagi petani, karena semakin beragam dan banyak alternatif untuk menjual. " Harga juga bisa bersaing,"ujarnya.
Diakui Herri minat pengusaha menanamkan modal untuk PKS cukup besar, saat ini ada dua PKS baru yang sedang dalam pendirian diluar itu terdapat satu unit PKS di Kebun Lado yang sempat berhenti hendak dioperasikan lagi.
" Tetapi penambahan kedepan sesuai dengan arah kebijakan perekonomian daerah,"ujarnya. (isa )

Berita Lainnya

Index